SASARAN

Terkait dengan tugas pokok dan fungsi  PPEI yang  telah diuraikan diatas, sasaran yang ingin dicapai melalui pelaksanaan program-program kegiatan PPEI selama tahun 2017 antara lain meliputi:

  1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan dan pelatihan sebagaimana yang telah diprogramkan untuk tahun 2017
  2. Tersedianya Fasilitator yang berkualitas.
  3. Terpeliharanya Prosedur dan Instruksi Kerja untuk Pelatihan “Manajemen Ekspor Impor Plus Simulasi”, Pelatihan “Prosedur Ekspor”, Pelatihan “Prosedur Impor” dan Pelatihan “Bagaimana Memulai Ekspor” yang telah memperoleh sertifikat SMM ISO 9001:
  4. Terciptanya kurikulum dan silabus yang up to date dalam rangka memenuhi kebutuhan akan jenis diklat yang sesuai dengan permintaan pasar.
  5. Tercapainya jumlah peserta diklat sesuai dengan program.
  6. Peningkatan kerjasama diklat baik dengan institusi di dalam maupun luar negeri.
  7. Terselenggaranya promosi kegiatan PPEI melalui media cetak dan multimedia.
  8. Terwujudnya tenaga Fasilitator internal dan staf PPEI yang berkualitas serta memenuhi standar.
  9. Terlaksananya sistem pemeliharaan secara baik terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki PPEI.
  10. Terlayaninya kegiatan operasional maupun perkantoran secara baik.
  11. Terlaksananya kegiatan uji kompetensi di bidang ekspor impor bagi para alumni diklat ekspor oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Ekspor Impor Indonesia (LSP EII).
  12. Terlaksananya kegiatan pendampingan bagi para UKM yang potensial agar siap ekspor dalam kerangka Coaching Program.

 

PENCAPAIAN SASARAN

Berkenaan dengan sasaran yang ingin dicapai oleh PPEI, yaitu mendukung tersedianya SDM yang berkualitas, berkemampuan, maju dan produktif di kalangan dunia usaha khususnya bagi usaha kecil menengah, maka dilakukan berbagai strategi antara lain:

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dengan menerapkan standarisasi pelatihan sehingga dapat memberikan nilai tambah terhadap eksistensi PPEI. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mendiskusikan kurikulum diklat ekspor PPEI bersama para praktisi yang ahli di bidangnya baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan jaringan kerja dengan lembaga lain baik pemerintah maupun non pemerintah termasuk Dinas Perindag di seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan kerjasama pelatihan.
  3. Pengembangan SDM baik Widyaiswara, fasilitator, maupun staf pelaksana yang diarahkan pada terciptanya PPEI sebagai institusi yang handal dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di bidang ekspor melalui diklat-diklat yang dilaksanakan di dalam maupun luar negeri.

 

CAPAIAN KINERJA PPEI

Kinerja PPEI merupakan kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan secara menyeluruh melalui tugas dan fungsi masing-masing bidang, baik kegiatan rutin dan kegiatan lain, yang bertujuan untuk mensukseskan visi dan misi Balai Besar PPEI. Semenjak berdiri pada tahun 1990 sampai dengan tahun 2017, PPEI telah mempunyai alumni sebanyak 70.957 orang yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia, sedangkan jumlah alumni dari berbagai Provinsi selama tahun 2017 sebanyak 3.566. Selain itu, PPEI juga melaksanakan kegiatan Pengembangan diklat ekspor dalam rangka menunjang dan menopang kegiatan pelatihan agar fasilitas yang diperlukan untuk pelaksanaan pelatihan seperti kurikulum, materi, fasilitator dan sebagainya senantiasa up to date dan sesuai dengan kondisi perdagangan internasional saat ini.