BERITA

Gelar Webinar Strategi Marketing 5.0 untuk Sukses Ekspor, PPEJP Dorong Pelaku Usaha Memanfaatkan Teknologi

02 Mei 2024

Jakarta, 2 Mei 2024 - Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produknya. Hal tersebut diungkapkan Kepala PPEJP, Sugih Rahmansyah dalam Webinar Strategi Marketing 5.0 untuk Sukses Ekspor dengan tema “Memahami Perubahan Perilaku Konsumen dan Pemanfaatan Teknologi” yang berlangsung secara daring di Jakarta, Kamis (2 Mei).

Webinar ini merupakan webinar pertama yang dilaksanakan pada tahun 2024 dan diikuti 190 pelaku usaha yang tertarik ekspor dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini dimoderatori Fasilitator PPEJP Bidang Digital Marketing, Muhammad Ikhsan Sofyan dan menghadirkan narasumber, yaitu CEO and Founder PT Kode Evolusi Bangsa, Cycas Rifky serta CEO Digitalind, Hadiansyah.

“Saat ini pelaku usaha dituntut mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, terlebih dalam memasarkan produknya untuk jangkauan yang lebih luas”, ungkap Kepala PPEJP.

Sugih menerangkan, kegiatan ini merupakan salah satu tupoksi PPEJP dalam rangka penambahan wawasan secara daring melalui web seminar antara PPEJP dengan pelaku usaha yang bertujuan untuk mencapai kesuksesan dalam ekspor.

Menurut Sugih, untuk mencapai kesuksesan ekspor dengan memanfaatkan marketing 5.0, diperlukan pemahaman dua aspek penting. “Pelaku usaha harus memahami tentang perubahan perilaku konsumen yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran serta pemanfaatan teknologi dalam bidang pemasaran tentang bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mencapai tujuan pemasaran dalam konteks ekspor”, jelas Sugih

Dalam kesempatan pertama, Cycas Rifky memaparkan materi “Pelaku usaha: sudah wajibkah menerapkan teknologi marketing?”. Selanjutnya, Hadiansyah memaparkan materi “Kunci Sukses Penerapan Marketing 5.0 bagi Pelaku Usaha”.

“Saat ini, melihat animo generasi Z dan generasi Alfa dalam menggunakan teknologi, mendorong sistem pemasaran yang berkembang. Hal ini diharapkan dapat membawa perubahan positif terhadap kemanusiaan dengan memadukannya dengan teknologi”, pungkas Sugih

Kegiatan ini diharapkan agar pelaku usaha dapat merancang dan melaksanakan strategi pemasaran yang relevan dan efektif dalam mendukung upaya ekspor produk atau layanan mereka.