Pendidikan

  • Pendidikan Profesi Manajemen Ekspor Impor
    Tujuan program ini adalah mencetak tenaga muda / calon eksportir yang tangguh, berwawasan global, terampil dan menguasai permasalahan manajemen ekspor impor serta memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan bisnisnya.
    Pokok bahasan program ini meliputi : Pemasaran Ekspor, Pengelolaan Ekspor Impor, Pembiayaan dan Pembayaran Ekspor Impor, Transportasi Ekspor Impor, Prosedur Ekspor Impor, Simulasi Ekspor Impor dan Kunjungan Lapangan.

 

 

Pelatihan

Program pelatihan dengan durasi 1 sampai 7 hari ini menyajikan pengetahuan praktis dan keterampilan yang diharapkan dapat membantu dunia usaha dalam mencari dan menemukan gagasan – gagasan baru dalam rangka inovasi dan kemajuan perusahaan di bidang ekspor – impor. Program ini meliputi 7 bidang, dimana tiap bidang terdiri dari berbagai topic pelatihan yaitu :

  • Perdagangan Internasional
    Prosedur Ekspor, Prosedur Impor, Manajemen Ekspor Impor Plus Simulasi, Sistem Perdagangan Internasional, Perijinan, Perbankan, da lain-lain.
  • Pengembangan Produk
    Strategi Merk: Kemasan Produk Ekspor: Garment Merchandising; Desain dan Kualitas Barang jadi Karet, Furniture, dan Garment; Pengembangan Produk Untuk Pasar Ekspor; HACCP untuk Industri Makanan; HAKI; Pengeringan Kayu Alternatif; Quality Control Produk Mebel Ekspor; Karet Suku Cadang Otomotif; Desain Kompon Barang Jadi Karet.
  • Pembiayaan dan Pembayaran Ekspor
    Pembayaran Ekspor L/C dan Non L/C, Penentuan Harga Ekspor, Biaya dan Harga Ekspor, Strategi Pembiayaan Ekspor, UCP 600.
  • Pemilihan Distributor
    Pemilihan pasar ekspor, importer dan buyer melalui inquiry, Peranan Trading House bagi UKM.
  • Promosi/Komunikasi Ekspor
    Pameran Dagang Internasional, Desain stand Auto CAD, Penjaga Stand, IT, Bahasa Niaga, Business Matching-teleconference, E-Commerce, Teknik Presentasi, Negosiasi dan Kontrak dagang, Pelayanan Komsumen, Kinjungan Buyer, Kerjasama dengan Lembaga internasional Multimedia untuk Promosi Ekspor.
  • Strategi Pemasaran Ekspor
    Strategi Pemasaran Ekspor, Strategi memasuki/penetrasi Pasar, Pemasaran ekspor produkj Kerajinan, Pengembangan usaha melalui Ekspor,  Analisa Pasar.
  • Manajemen Mutu dan Persaingan
    Manajemen Mutu, Audit Internal, Pengenalan dan dokumentasi, ISO 9001 : 2000, Manajemen Inovasi, TQM untuk Peningkatan Daya Saing, Penerapan 5S, Kewirausahaan, HACCP Untuk Industri Makanan, Quality and Safety Awareness.

 

Konsultasi

  • Bidang Produksi
    Mencari tenaga ahli produksi, pengendalian mutu dengan manajemen kemasan, merk, pelabelan, bahan baku, desain, dan lain-lain.
  • Bidang Pemasaran
    Mencari buyer, menyiapkan alat promosi, mengikuti pameran luar negeri, mencari tenaga ahli luar negeri, bernegosiasi dengan buyer, mencari mitra kerjasama, melakukan kalkulasi harga ekspor.

 

Coaching Program

Program Pendampingan (Coaching Program) merupakan kegiatan pembinaan UKM selama satu tahun. Kegiatan ini dikhususkan untuk para alumni pelatihan PPEI. Kegiatan ini berlangsung sejak tahun 2010 sampai sekarang. Untuk tahun 2018, kegiatan ini diselenggarakan di 3 (tiga) area yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kab . Tangerang dengan total peserta 25 orang per area.

Kegiatan program pendampingan ini terdiri dari 8 (delapan) tahap, seperti pada gambar diatas.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini bisa menghubungi Bagian Recruitment PPEI

Gedung BBPPEI Lantai 3

Bidang Promosi dan Kerjasama
Jl. Letjen S. Parman No. 112 Grogol, Jakarta Barat

Tel: 021-5674229 ext 105, 5663309, 5654962, 56966017, 56963669

Whatsapp: 0813 8835 6060
Faks.: 021-5663309, 5654962, 56966017

e-mail : promosi.ppei@kemendag.go.id