Pendidikan

  • Pendidikan Profesi Manajemen Ekspor Impor
    Tujuan program ini adalah mencetak tenaga muda / calon eksportir yang tangguh, berwawasan global, terampil dan menguasai permasalahan manajemen ekspor impor serta memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan bisnisnya.
    Pokok bahasan program ini meliputi : Pemasaran Ekspor, Pengelolaan Ekspor Impor, Pembiayaan dan Pembayaran Ekspor Impor, Transportasi Ekspor Impor, Prosedur Ekspor Impor, Simulasi Ekspor Impor dan Kunjungan Lapangan.
  • Pendidikan Profesi Teknologi Karet
    Tujuan program ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi karet, proses dan pengendalian mutu karet.
    Pokok bahasan dalam program ini meliputi : Sifat – sifat Karet, Bahan Baku, Teknologi Proses, Teknologi Compounding, Pengendalian Mutu, Teknologi Proses Lateks dsb.

 

 

Pelatihan

Program pelatihan dengan durasi 1 sampai 7 hari ini menyajikan pengetahuan praktis dan keterampilan yang diharapkan dapat membantu dunia usaha dalam mencari dan menemukan gagasan – gagasan baru dalam rangka inovasi dan kemajuan perusahaan di bidang ekspor – impor. Program ini meliputi 7 bidang, dimana tiap bidang terdiri dari berbagai topic pelatihan yaitu :

  • Perdagangan Internasional
    Prosedur Ekspor, Prosedur Impor, Manajemen Ekspor Impor Plus Simulasi, Sistem Perdagangan Internasional, Perijinan, Perbankan, da lain-lain.
  • Pengembangan Produk
    Strategi Merk: Kemasan Produk Ekspor: Garment Merchandising; Desain dan Kualitas Barang jadi Karet, Furniture, dan Garment; Pengembangan Produk Untuk Pasar Ekspor; HACCP untuk Industri Makanan; HAKI; Pengeringan Kayu Alternatif; Quality Control Produk Mebel Ekspor; Karet Suku Cadang Otomotif; Desain Kompon Barang Jadi Karet.
  • Pembiayaan dan Pembayaran Ekspor
    Pembayaran Ekspor L/C dan Non L/C, Penentuan Harga Ekspor, Biaya dan Harga Ekspor, Strategi Pembiayaan Ekspor, UCP 600.
  • Pemilihan Distributor
    Pemilihan pasar ekspor, importer dan buyer melalui inquiry, Peranan Trading House bagi UKM.
  • Promosi/Komunikasi Ekspor
    Pameran Dagang Internasional, Desain stand Auto CAD, Penjaga Stand, IT, Bahasa Niaga, Business Matching-teleconference, E-Commerce, Teknik Presentasi, Negosiasi dan Kontrak dagang, Pelayanan Komsumen, Kinjungan Buyer, Kerjasama dengan Lembaga internasional Multimedia untuk Promosi Ekspor.
  • Strategi Pemasaran Ekspor
    Strategi Pemasaran Ekspor, Strategi memasuki/penetrasi Pasar, Pemasaran ekspor produkj Kerajinan, Pengembangan usaha melalui Ekspor,  Analisa Pasar.
  • Manajemen Mutu dan Persaingan
    Manajemen Mutu, Audit Internal, Pengenalan dan dokumentasi, ISO 9001 : 2000, Manajemen Inovasi, TQM untuk Peningkatan Daya Saing, Penerapan 5S, Kewirausahaan, HACCP Untuk Industri Makanan, Quality and Safety Awareness.

 

Konsultasi

  • Bidang Produksi
    Mencari tenaga ahli produksi, pengendalian mutu dengan manajemen kemasan, merk, pelabelan, bahan baku, desain, dan lain-lain.
  • Bidang Pemasaran
    Mencari buyer, menyiapkan alat promosi, mengikuti pameran luar negeri, mencari tenaga ahli luar negeri, bernegosiasi dengan buyer, mencari mitra kerjasama, melakukan kalkulasi harga ekspor.

 

Kerjasama

Dalam rangka meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan, PPEI menjalin kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), Pasific Resource Exchange Center (PREX) – Osaka, Association for Overseas Technical Scholarship (AOTS)/KANKEIREN-Osaka, Business Partner City (BPC) – Osaka, Japan International Cooperation Center (JICE), AMEICC-HRD Working Group – Jepang; Indonesia – Australia Specialised Training Project (IASTP), AusAid – Australia dan CBI – Belanda.

Selain itu PPEI juga bekerjasama dengan pakar kewirausahaan dan para professional dalam negeri. PPEI juga menyelenggarakan kerjasama pelatihan ekspor dengan dinas perindustrian dan perdagangan serta perusahaan swasta maupun pemerintah baik di daerah maupun di pusat. Kegiatan ini dilakukan antara lain dengan PT Pupuk Sriwijaya, PT Pupuk Kaltim, PT Perhutani, Lembaga Pendidikan Perkebunan, Otorita Batam, Bank Ekspor Indonesia (Persero), PT Kayaba Indonesia, Itochu Corporation, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), BULOG, Universitas Sebelas Maret dan Perguruan Tinggi Lainnya. Untuk lebih memasyarakatkan pengetahuan ekspor impor bagi berbagai kalangan, PPEI juga menerima kerjasama pelatihan secara kontraktual dengan kurikulum yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan pelanggan.