Pendampingan Ekspor di Sumatera Utara dan Pelatihan Ekspor di Jakarta

Kementerian Perdagangan terus mendorong UMKM untuk meningkatkan daya saingnya melalui berbagai program dan fasilitasi. Kemendag bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan ekspor non migas. Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Kegiatan Pendampingan Market Development tanggal 26-28 Juli 2022 di Medan. Kegiatan ini merupakan tahap ke-4 Program Pendampingan Ekspor (Export Coaching Program)  untuk mendampingi 30 UKM dari Sumatera Utara.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara Aspan Sofian didampingi perwakilan dari PPEI.  Pada tahap ini dilakukan pendampingan  melakukan riset pasar ekspor, mencari data potensial buyer dan juga kegiatan business matching dengan Diaspora / buyer yang difasilitasi perwakilan perdagangan RI di luar negeri guna keberhasilan peserta ECP melakukan transaksi ekspor.

Pada tanggal yang sama juga dilaksanakan pelatihan Prosedur Ekspor di Gedung PPEJP Jakarta dengan jumlah peserta 21 orang. Pelatihan ini dibuka oleh Ketua Tim Bidang Tata Operasional PPEJP Wasiyanto. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang proses kegiatan ekspor, hal teknis dalam proses ekspor serta dokumen ekspor.