Pelatihan Bisnis Online Ekspor Bagi Pelaku Usaha dari Jawa Tengah dan Jabodetabek

E-commerce saat ini memiliki peranan strategis dalam percepatan ekonomi Indonesia. E-commerce sangat membantu perusahaan besar maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam menjalani transformasi digital dan pemasaran untuk menembus pasar ekspor. Kementerian Perdagangan melalui Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan, Sekretariat Jenderal terus memfasilitasi para UKM untuk peningkatan kapasitas SDM ekspor dengan menyelenggarakan pelatihan Bisnis Online Ekspor tanggal 12-14 Juli 2022 yang diikuti 20 pelaku usaha dari Jawa Tengah dan 5 orang dari Jabodetabek. Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan Fajarini Puntodewi dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah M. Arif Sambodo.

Plt. Kepala Pusat Pelatihan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan menyampaikan bahwa Kemendag akan terus berupaya meningkatkan peran UKM dalam kinerja ekspor baik dari nilai maupun jumlah UKM yang berhasil menjadi eksportir. Peranan UKM sangat penting untuk penggerak perekonomian saat ini. UKM juga dituntut melakukan adaptasi dalam penjualan dengan menggunakan media digital.

Transaksi e-commerce Indonesia pada Februari 2022 mencapai Rp. 30,8 Triliun, naik 12% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan transaksi melalui e-commerce tertinggi di negara Philipina sebesar 25,9% diikuti oleh India 25,5% dan Indonesia 23%. Sementara itu nilai penjualan dari e-commerce global mencapai kurang lebih USD 5 triliun pada tahun 2021 atau meningkat 14,3% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Terdapat 5 besar B2B dalam konten marketing yaitu media sosial, e-news letter, website, blog, dan event secara online.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, M. Arif Sambodo menyampaikan bahwa Dinas terus berupaya meningkatkan ekspor non migas Jawa Tengah dengan berbagai program dan kegiatan fasilitasi kepada UKM untuk berhasil melakukan transaksi ekspor. Diharapkan melalui kegiatan pelatihan ini, pelaku usaha tetap optimis dan semangat dalam melakukan pengembangan bisnis sehingga berhasil menjadi eksportir.