Pelatihan Ekspor di Batam dan Jakarta

Dalam rangka peningkatan kapasitas SDM ekspor, Pusat Pelatihan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan pelatihan “Prosedur Ekspor” pada tanggal 5-7 Juli di Batam diikuti 30 pelaku usaha dari wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau Bapak Aries Fhariandi didampingi perwakilan dari PPEI Analis Kebijakan Ahli Muda Titi Nur Izzati.

Melalui pelatihan ini diharapkan para pelaku usaha mengetahui proses, prosedur dan dokumen ekspor. Selain itu disampaikan mengenai Batam yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dengan ditetapkannya Batam sebagai KEK dapat mendorong pemanfaatan sumber daya lokal ke pasar internasional dan akan menjadi daya ungkit percepatan peningkatan ekonomi yang mampu memberikan kontribusi besar bagi bangsa Indonesia. Selain itu adanya KEK berfungsi untuk menampung kegiatan industri, ekspor dan impor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya saing internasional.  Adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan ekspor dari provinsi Kepulauan Riau ke pasar global.

Pada tanggal yang sama juga dilakukan pelatihan “Akses dan Survei Pasar Ekspor Melalui Internet” di Jakarta dengan peserta sebanyak 26 orang. Pelatihan ini dibuka Koordinator Bidang Pengembangan Diklat Ekspor Santi Setiastuti. Melalui pelatihan ini diharapkan para pelaku usaha mengetahui cara melakukan riset pasar ekspor, penentuan target pasar dan mengetahui persyaratan pasar tujuan ekspor dan cara mendapatkan data potensial buyer.