Pelatihan Ekspor di Pangkalpinang dan Pendampingan Ekspor di Banten

Kementerian Perdagangan terus mendorong UMKM untuk meningkatkan daya saingnya melalui berbagai program dan fasilitasi. Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan PT. BNI, Tbk menyelenggarakan pelatihan “Prosedur Ekspor” untuk 30 pelaku usaha dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 4-6 Juli 2022di Pangkalpinang. Pelatihan ini dibuka oleh Pimpinan PT. BNI (Persero) Tbk Kantor Cabang Pangkalpinang Bapak Mus Adral didampingi perwakilan dari PPEI.

Melalui pelatihan ini diharapkan UKM dapat mengetahui prosedur dan dokumen ekspor serta hal teknis lainnya seperti proses pengiriman barang, pengurusan export clearance dan sistem pembayaran ekspor. Selain itu diharapkan semakin banyak UKM dari Bangka Belitung yang berhasil menjadi eksportir.

Pada tanggal yang sama juga dilakukan Pendampingan Market Development yang merupakan tahap ke-4 Program Pendampingan Ekspor (Export Coaching Program) wilayah Banten.  Kegiatan ini dibuka Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Teti Elwati, didampingi perwakilan dari PPEI. Pada tahap ini dilakukan juga kegiatan business matching dengan Diaspora / buyer yang difasilitasi perwakilan perdagangan RI di luar negeri guna keberhasilan peserta ECP melakukan transaksi ekspor.