Peserta Export Coaching Program Tahun 2022 Wilayah Malang dan Yogyakarta berhasil Ekspor

Kabar membanggakan capaian dari Export Coaching Program (ECP) wilayah Yogyakarta dan Malang yang sudah memasuki tahap ke-4 (Pendampingan Market Development) terdapat 2 peserta ECP yang berhasil melakukan ekspor.

PT. Bestagar Pure Indo Internasional berhasil ekspor perdana produk Dried Garcilaria Seaweed sebanyak 50 ton atau 2 kontainer ukuran 40 feet ke Vietnam senilai USD 32.500. PT. Bestagar Pure Indo Internasional merupakan peserta ECP Wilayah Malang. ECP Wilayah Malang merupakan hasil kerja sama antara Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia dengan PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.

Sementara itu CV Karya Perkakas Jogja berhasil mengekspor briket arang tempurung kelapa sebanyak 25 metrik ton 1 kontainer 40 ft pada tanggal 28 Juni 2022 dengan nilai USD 36.250 ke New York Amerika Serikat. Yayan Fadlanza Pemilik CV Karya Perkakas Jogja merupakan peserta ECP wilayah Yogyakarta program kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yayan mengatakan, selama mengikuti ECP pihaknya mendapat banyak ilmu ekspor dan motivasi untuk mampu melakukan ekspor mandiri. Ia berharap melalui program pendampingan ekspor kedepannya perusahaan mampu memperluas pasar dan lebih banyak ekspornya.

Export Coaching Program merupakan salah satu bentuk fasilitasi dari Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan kemampuan SDM di bidang ekspor dan mampu mendorong peningkatan ekspor non migas Indonesia. Selain itu, Kemendag juga terus memperkuat peran Perwakilan Perdagangan di luar negeri untuk membantu dan memfasilitasi UKM agar dapat menembus pasar ekspor. Melalui capaian ekspor ini diharapkan akan semakin banyak UKM yang berhasil menjadi eksportir.