PPEI Gelar Temu Alumni 2022

Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan melaksanakan kegiatan Temu Alumni dengan tema Digital Marketing Ekspor untuk UKM. Kegiatan ini merupakan sebagai sarana komunikasi dan penyebaran informasi terkait kebijakan di bidang perdagangan kepada para pelaku usaha khususnya alumni dari PPEI.

Kepala PPEI Heryono Hadi Prasetyo atau yang lebih akrab disapa Noly mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya PPEI untuk mendukung pengembangan ekonomi nasional. “Diproyeksikan pada tahun 2030 terdapat potensi 35 juta UMKM yang terdigitalisasi, pasar e-commerce mencapai Rp. 1.815 triliun, dan adanya kontribusi ekonomi internet mencapai Rp. 2.711 triliun.,” kata Kepala PPEI pada sambutan Temu Alumni PPEI di Semarang (2/6/2022).

Terkait digitaliasi untuk pelaku usaha khususnya yang berorientasi ekspor, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Kemendag juga mempunyai aplikasi digital yang dapat dimanfatkan untuk pelaku usaha ekspor, yaitu InaExport.  Platform InaExport dikembangkan dengan tujuan untuk mempertemukan eksportir produk lndonesia dengan pembeli di luar negeri, yang diharapkan dapat meningkatkan hubungan antara eksportir Indonesia dengan buyer di luar negeri.

Pelaku usaha ekspor dapat memanfaatkan keanggotaan sebagai eksportir untuk mendapatkan informasi seperti laporan hasil intelijen pasar, informasi kegiatan pameran, misi dagang, serta pelatihan ekspor. “Eksportir yang terdaftar juga dapat mempromosikan perusahaannya, menampilkan profil produk yang diproduksi, mendapat peluang untuk memperoleh permintaan (inquiry) dari buyer dan perwakilan perdagangan di luar negeri, serta tendapat fasilitas berkomunikasi langsung (chatting) dengan buyer,” kata Kepala PPEI.

Koordinator Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Haryanta mengatakan PPEI dan Disperindag Provinsi Jawa Tengah telah banyak melakukan kerja sama kegiatan pelatihan ekspor. “Dengan kegiatan temu alumni ini kami ingin memperoleh masukan dari alumni untuk meningkatkan mutu pelatihan yang akan datang,” kata Haryanta.

Haryanta mengatakan melalui kegiatan Temu Alumni ini diharapkan para peserta untuk saling menjalin networking antar alumni. Dengan saling membuat jaringan, peserta dapat saling membantu dari sisi pemasaran sehingg dapat meningkatkan nilai ekspor Jawa Tengah. Kegiatan Temu Alumni ini diikuti oleh 50 alumni PPEI dan Dinar Sudianto yang memberikan materi Digital Marketing Ekspor untuk UKM serta Setyo Yuntoro sebagai alumni PPEI yang menceritakan pengalaman sukses ekspor.