Kemendag pada Pelepasan Ekspor Perdana ke Nigeria

Jakarta (25/5), Keberhasilan ekspor perdana ke Nigeria dicatatkan oleh PT. Kimia Farma Tbk dengan melakukan pelepasan ekspor produk multivitamin dan antiseptik ke Nigeria yang dilakukan di PT Kimia Farma Tbk Plant, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Hadir dari Kementerian Perdagangan, Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo dalam sambutannya mewakili Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional menyampaikan bahwa Kementerian Perdagangan mengapresiasi capaian ekspor perdana PT Kimia Farma Tbk ke Nigeria. Hal ini sesuai dengan upaya dari Kementerian Perdagangan untuk terus menjaga ekspor ke pasar tradisional dan meningkatkan ekspor ke pasar non tradisional seperti ke Kawasan Afrika.

“Nigeria merupakan pasar potensial di Kawasan Afrika dan menjadi pintu masuk ke negara-negara lain di Afrika Bagian Barat atau negara yang tergabung dalam Economic Community of West African States (ECOWAS). Masih sangat terbuka dan memiliki peluang besar untuk produk farmasi Indonesia maupun produk lainnya ke kawasan ini” ujar Heryono.

Kementerian Perdagangan akan terus memberikan informasi peluang pasar ekspor dan berbagai fasilitas promosi, business matching dan memperkuat peran perwakilan perdagangan untuk keberhasilan pelaku usaha Indonesia dalam menembus pasar ekspor sehingga dapat meningkatkan ekspor non migas secara nasional.

Keberhasilan ekspor ini merupakan milestone dari kerjasama antara Kimia Farma dengan perusahaan farmasi asal Nigeria, yang merupakan tahap pertama dari keseluruhan kerjasama yang bertujuan untuk membentuk pasar reguler di Nigeria. Keberhasilan kerja sama ini melibatkan berbagai pihak, seperti Kementerian Kesehatan, Badan POM, Kementerian Perdagangan melalui ITPC Lagos, Kementerian Luar Negeri, KADIN, KBRI Abuja.

“Ekspor perdana ini merupakan pengiriman tahap pertama dari kerjasama yang telah disepakati dalam Indonesia Afrika Infrastructure Dialogue yang juga disaksikan oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Direktur Pemasaran, Riset & Pengembangan PT Kimia Farma Tbk, Jasmine Karsono.

Pengiriman ekspor ini diharapkan menjadi strategi penetrasi produk Kimia Farma di bagian barat Benua Afrika. Produk-produk farmasi yang diekspor adalah produk unggulan dari Kimia Farma dengan kualitas yang telah memenuhi standar GMP (Good Manufacturing Practice) yang diproduksi oleh Kimia Farma dengan fasilitas modern dan terbesar di Asia tenggara.

“Kontribusi ekspor PT Kimia Farma Tbk ke penjualan masih kecil sekitar 2 persen. Kami baru ekspor ke 12 negara. Tahun ini kontribusi ekspor untuk penjualan bakal kami genjot di angka 6 persen” ungkap Jasmine Kartono.

Hadir pada pelepasan ekspor ini yaitu Direktur Pemasaran, Riset & Pengembangan PT Kimia Farma Tbk, Jasmine Kartono, KADIN Sylvie Tomasoa, Perwakilan dari Direktorat Afrika Kementerian Luar Negeri Andy Mauna, Manajer Laboratorium Nasional Kementerian Kesehatan Krisna Pangesti.