Pelepasan Ekspor Produk Sabun ke Dubai

Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan Heryono Hadi Prasetyo melakukan pelepasan ekspor produk sabun batang ke Dubai, Uni Emirat Arab. Nilai ekspor sabun batang sebesar USD 62.300 sebanyak 2×20 feet kontainer. Capaian ini dilakukan oleh CV Mitra Utama, anggota HIPMI Jaya dengan fasilitasi dan bantuan dari perwakilan perdagangan RI di Dubai.

Capaian ini sangat membanggakan untuk pengusaha muda berhasil menembus pasar ekspor di masa pemulihan ekonomi terutama ke pasar non tradisional. Semoga capaian ini dapat menginspirasi dan memotivasi pengusaha muda yang lain untuk berhasil menembus pasar ekspor,” kata Kepala Balai saat pelepasan ekspor secara virtual (23/4/2022).

Kepala Balai mengatakan, Kementerian Perdagangan akan terus menjaga peningkatan ekspor ke pasar utama, dan juga melakukan penetrasi ekspor ke pasar non tradisional / pasar prospektif dengan menyasar ke negara kawasan seperti Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan, Asia Tengah dan Amerika Latin. Pasar Uni Emirat Arab merupakan negara tujuan ekspor yang sangat potensial karena merupakan HUB untuk masuk ke Kawasan Timur Tengah, Afrika dan Kawasan lainnya.

Kepala Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Dubai M. Khomaini mengatakan pihaknya terus mendorong pelaku usaha untuk ekspor ke Dubai. ITPC Dubai siap memfasilitasi, mendampingi dan membantu pelaku usaha Indonesia untuk dapat menembus pasar Uni Emirat Arab. Berbagai program seperti kegiatan promosi, business matching terus dilakukan oleh perwakilan perdagangan di Dubai. Dengan masuk ke Dubai, produk pelaku usaha dapat masuk ke wilayah Timur Tengah lainnya.