Pelatihan Digital Marketing Kerja Sama dengan JICA

Dalam rangka peningkatan  kapasitas SDM para coach PPEI, Balai Besar PPEI bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) menyelenggarakan pelatihan “Digital Marketing” tanggal 18-22 April 2022 secara daring.  Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo dan JICA Indonesia Ando Hisao. Dalam sambutannya Kepala Balai Besar PPEI menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai upaya untuk memperkuat para coach / Fasilitator PPEI dalam hal digital marketing yang nantinya untuk mendampingi pelaku usaha UKM baik melalui program pendampingan maupun pelatihan ekspor.

Terdapat dua program unggulan Balai Besar PPEI yaitu program pelatihan dan program pendampingan ekspor (Export Coaching Program). Program pendampingan ekspor tahun 2022 dilaksanakan di 10 wilayah dengan jumlah UKM yang didampingi sebanyak 300 pelaku usaha. Kompetensi para coach dalam mendampingi UKM sangat penting untuk keberhasilan para pelaku usaha menembus pasar ekspor. Diharapkan melalui Export Coaching Program akan semakin banyak UKM yang berhasil menjadi eksportir.

Ando mengatakan bahwa kerja sama antara JICA dan PPEI sudah berlangsung cukup lama dimulai tahun 1990 an, untuk mendorong peningkatan pengetahuan pelaku usaha Indonesia tentang ekspor impor serta peningkatan ekspor Indonesia ke pasar global. Melalui kegiatan ini, JICA berharap sharing pengetahuan yang diberikan oleh narasumber dari JICA dapat memberikan manfaat bagi internal PPEI dan peningkatan bisnis ekspor UKM Indonesia.