PPEI Berbagi Tips Strategi Mencari dan Mendapatkan Buyer

Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan kembali menyelenggarakan webinar dalam rangka peningkatan kapasitas SDM ekspor. Webinar PPEI kali ini mengambil tema Strategi Mencari dan Mendapatkan Buyer.

“Webinar ini merupakan rangkaian webinar yang diselenggarakan oleh PPEI dalam upaya peningkatan kapasitas SDM Ekspor Indonesia dengan tujuan untuk memberikan berbagai pengetahuan di bidang ekspor guna semakin banyak pelaku usaha yang mampu mengembangkan bisnis dan usaha nya dengan baik dan berhasil dalam menembus pasar ekspor,” kata Kepala PPEI Heryono Hadi Prasetyo atau yang lebih akrab disapa Noly dalam sambutannya (14/4/2022).

Kepala PPEI mengatakan, topik ini sangat dibutuhkan oleh UMKM di Indonesia untuk mengetahui hal-hal yang harus dilakukan untuk mencari potensial buyer baik secara oflline maupun online. Selain itu jug acara follow up data buyer yang sudah didapatkan, serta cara agar deal dengan buyer.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 peserta pelaku usaha dari berbagai produk. Webinar ini mengundang dua fasilitator PPEI sebagai narasumber, yaitu Pekik Warnendya dan Hindra Soeparjanto dan dimoderatori oleh fasilitator PPEI Estie Budiutami.

Fasilitator PPEI Pekik Warnendya dalam webinar ini memberi saran para UMKM untuk mendaftar ke InaExport. InaExport merupakan website yang dibuat oleh Kementerian Perdagangan yang bertujuan menampilkan produk unggulan dalam negeri yang menjadi tujuan utama calon buyer mencari referensi produk Indonesia. “Dalam InaExport juga terdapat trade inquiry ketika ada pesanan. Selain itu juga terdapat hasil riset pasar dari perwakilan perdagangan di luar negeri,” kata Pekik

Pekik juga menyarankan untuk mencari informasi di website ITPC atau Atase Perdagangan atau ke website Kementerian Luar Negeri. Selain itu, UMKM juga bisa mencari informasi dari Ina Europe, EC21, Tradekorea, Indotrading, Ebay, Shopify, Amazon dan Alibaba. Fasilitator berikutnya Hindra Soeparjanto mengatakan terdapat tiga unsur dalam pembentukan data buyer yang valid, yaitu data dari perwakilan dagang, marketplace, dan komunitas.