PPEI Gelar Webinar “Persiapan dan Kiat Mengembangkan Bisnis Ekspor”

Topik ini sangat dibutuhkan oleh UMKM di Indonesia untuk mengetahui hal-hal yang dipersiapkan secara internal oleh pelaku usaha untuk dapat menembus pasar ekspor. Selain itu hal-hal lain mengenai pengetahuan dan informasi secara eksternal untuk peluang dan persyaratan pasar ekspor juga harus diketahui dengan baik oleh pelaku usaha sebelum terjun ke bisnis ekspor.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengatakan  pelaku usaha perlu melakukan persiapan internal dalam hal kualitas produk yang konsisten dan kapasitas produksi. Mereka juga harus mampu memenuhi persyaratan di pasar tujuan ekspor

“Pelaku usaha juga harus mampu melakukan riset pasar ekspor dan manfaatkan informasi peluang pasar ekspor yang telah dibuat oleh perwakilan perdagangan RI di luar negeri serta melakukan digital marketing untuk ekspor,” kata Dirjen PEN saat webinar Persiapan dan Kiat Mengembangkan Bisnis Ekspor (4/3/2022).

Dirjen PEN lebih lanjut mengatakan, pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Perdagangan telah melakukan beberapa langkah strategis untuk meningkatkan ekspor, yaitu dengan melakukan promosi dan pengembangan pasar ekspor serta pengembangan produk ekspor. Selain itu, pihaknya juga melakukan perluasan jaringan kerja sama dengan mitra negara baru dan peningkatan kapasitas pelaku usaha

Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) DJPEN Kemendag Heryono Hadi Prasetyo atau yang lebih akrab disapa Noly mengatakan program peningkatan kapasitas SDM ekspor di PPEI yang menjadi unggulan yaitu program pelatihan ekspor, dan Export Coaching Program atau program pendampingan ekspor. ECP merupakan program untuk mendampingi pelaku usaha menjadi siap ekspor dan menjadi eksportir dilaksanakan selama 8 bulan hingga 1 tahun.

“Tahun 2022 ini ECP diselenggarakan di 10 wilayah yaitu Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Malang, Yogyakarta, Lampung, Riau, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Utara dengan total pelaku usaha yang akan didampingi sebanyak 300 pelaku usaha,” kata Kepala Balai.

Webinar Persiapan dan Kiat Mengembangkan Bisnis Ekspor merupakan webinar pertama yang dilakukan PPEI pada tahun 2022. Webinar ini mengundang narasumber Bapak Nursyamsu Mahyuddin dan Bapak M. Andriza Syarifudin. Webinar ini diikuti oleh 384 pelaku usaha dari berbagai jenis produk dari seluruh Indonesia.