Kemendag Gelar Pelatihan Ekspor Bagi Pelaku Usaha UKM di Provinsi Sulawesi Utara

Manado, 22 November 2021, Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Kementerian Perdagangan melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan pelatihan Strategi Pemasaran Ekspor tanggal 22 s.d 24 November di Manado. Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Menteri Perdagangan Bapak Dr. Jerry Sambuaga secara virtual. Turut hadir dalam pembukaan secara luring Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Edwin L. Kindangen, Fasilitator PPEI Ericklex Donald dan KADIN Provinsi Sulawesi Utara. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 30 orang pelaku usaha UKM di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Wakil Menteri Perdagangan Bapak Jerry Sambuaga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak seperti Disperindag, KADIN atas sinergi yang dilakukan dengan Kemendag dalam memberikan fasilitasi dan mendorong pelaku usaha UKM untuk meningkatkan pengetahuan tentang ekspor melalui program pelatihan ini. Diharapkan para pelaku usaha optimis menggarap peluang pasar ekspor yang terbuka dan beberapa negara saat ini sudah kembali pulih ekonominya seperti di China, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

Disampaikan pula mengenai kinerja perdagangan surplus neraca perdagangan periode Januari—Oktober 2021 mencapai USD 30,81 miliar. Nilai ini jauh lebih besar dibanding periode yang sama tahun sebelumnya dan terbesar sejak 2012 atau sepanjang 10 tahun terakhir. Kemendag sesuai dengan arahan Bapak Presiden akan terus meningkatkan ekspor non migas dan meningkatkan peran UMKM dalam kegiatan ekspor non migas dengan memberikan fasilitasi dan peningkatan daya saing UKM melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan, pendampingan dan informasi peluang pasar ekspor dari perwakilan perdagangan RI di luar negeri. Diharapkan semakin banyak UKM dari Provinsi Sulawesi Utara yang berhasil melakukan ekspor dan meningkatkan perekonomian daerah serta nasional.

Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo atau yang lebih akrab disapa Noly mengatakan bahwa PPEI terus memberikan pelayanan kepada pelaku usaha untuk peningkatan kapasitas SDM Ekspor guna mendorong peningkatan ekspor nasional. Berbagai layanan di PPEI dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha seperti pelatihan ekspor, program pendampingan ekspor, webinar, kegiatan obrolan ekspor melalui Youtube dan Microlearning. Selain itu terdapat layanan di Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional yang dapat dimanfaatkan oleh UKM yaitu layanan informasi pasar ekspor, pengembangan desain produk, dan promosi ekspor. Diharapkan melalui pelatihan ini para UKM di Provinsi Sulawesi Utara mengetahui strategi untuk pemasaran dan memasuki pasar ekspor.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Edwin L Kindangen menyampaikan terima kasih atas fasilitasi Kemendag untuk peningkatan kapasitas UKM di Provinsi Sulawesi Utara dalam upaya mendorong peningkatan ekspor. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersinergi dengan berbagai instansi termasuk KADIN untuk bersama-sama mendorong dan membantu para UKM agar berhasil mengekspor produk unggulan dari Sulawesi Utara ke pasar global. Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan ini dapat meningkatkan jumlah UKM Sulawesi Utara yang berperan dalam kegiatan ekspor.