PPEI Gelar Webinar “Strategi dan Peluang Menembus Pasar Ekspor”

Jakarta, 15 November 2021, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJ PEN) Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Ikatan Pimpinan Tinggi (PIMTI) Perempuan Indonesia mengadakan webinar dengan tema Strategi dan Peluang Menembus Pasar Ekspor. Hadir pada webinar ini sebanyak 298 orang secara daring. Kegiatan ini merupakan rangkaian webinar yang diselenggarakan oleh PPEI dalam upaya peningkatan kapasitas SDM ekspor. Webinar ini dibuka oleh Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional Ibu Arlinda Imbang Jaya dan Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo.

Dalam sambutan kunci dan paparannya Arlinda menyampaikan mengenai kondisi perekonomian global dan berbagai strategi yang ditempuh oleh Kementerian Perdagangan dalam upaya meningkatkan ekspor serta membantu pelaku usaha UKM untuk dapat menembus pasar ekspor. Disampaikan pula mengenai keberadaan Perwakilan Perdagangan dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk mendapatkan informasi secara akurat dan up to date mengenai peluang maupun regulasi di masing-masing negara akreditasi para Perwadag tersebut.

Heryono Hadi Prasetyo dalam sambutannya menyampaikan berbagai program pengembangan SDM ekspor yang terus dilakukan oleh PPEI guna peningkatan ekspor nasional seperti melalui program pelatihan ekspor, pendampingan ekspor, webinar, obrolan ekspor dan microlearning. Melalui webinar ini diharapkan pelaku usaha tetap optimis dan jeli melihat peluang pasar ekspor dan mampu menembus pasar ekspor.

Narasumber pada webinar ini yaitu Pekik Warnendya, Direktur PT Nusa Berdaya Indonesia-Fasilitator PPEI dan Dipa S. Komala-Praktisi Ekspor Fasilitator PPEI. Pekik Warnendya menyampaikan berbagai peluang di pasar ekspor dan produk-produk yang potensial untuk diekspor di masa pandemi ini. Dipa S Komala dalam paparannya menyampaikan mengenai strategi menembus pasar ekspor mencakup perlunya motivasi yang kuat untuk ekspor, mengetahui dan memahami pasar tujuan ekspor,  pemilihan produk, SDM, harga jual dan strategi promosi yang tepat. Kegiatan webinar ini dimoderatori oleh Ibu Estie Budiutami yang juga merupakan praktisi ekspor dan fasilitator PPEI.