PPEI dan Bank Indonesia Gelar Pelatihan Ekspor “Strategi Pemasaran Ekspor ke Timur Tengah dan Jepang”

Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJ PEN) Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Bank Indonesia Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah menyelenggarakan pelatihan “Strategi Pemasaran Ekspor ke Timur Tengah dan Jepang” pada tanggal 28 – 30 Oktober 2021 di Hotel Sultan Jakarta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai Besar PPEI Bapak Heryono Hadi Prasetyo dan Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Ibu Diana Yumanita. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta pelaku usaha syariah.

Kepala Balai Besar PPEI menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan pelatihan ekspor ke-3 kerja sama dengan Bank Indonesia DEKS guna peningkatan kemampuan pelaku usaha dalam melakukan strategi pemasaran ke Timur Tengah dan Jepang. “Saya berharap melalui kegiatan pelatihan ini menjadikan produk halal Indonesia semakin banyak diterima di pasar Timur Tengah dan Jepang. Indonesia diharapkan dapat menjadi produsen produk halal dan mampu meningkatkan ekspor produk halal  guna memenuhi permintaan produk halal di pasar global. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian Indonesia” kata Kepala Balai PPEI.

Kepala Balai Besar PPEI mengatakan UKM Indonesia di tahun ini mulai banyak yang telah recovery akibat dampak Covid 19. Untuk itu Kemendag melalui PPEI terus berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan SDM pelaku usaha untuk dapat bersaing di pasar global. Berbagai layanan terus dilaksanakan seperti pelatihan ekspor, pendampingan ekspor serta beberapa kegiatan yang dilaksanakan secara online : Obrolan Ekspor via Youtube, microlearning dan webinar. Diharapkan semakin banyak UKM yang mampu menembus pasar ekspor, dan meningkatkan ekspor non migas Indonesia.

Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia dalam sambutannya, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia melalui kerja sama dengan PPEI untuk peningkatan pengetahuan tentang ekspor dari mulai persiapan ekspor, prosedur ekspor dan strategi pemasarannya. Para pelaku usaha diharapkan dapat menggarap pasar Timur Tengah dan Jepang yang memiliki peluang cukup besar untuk produk halal dari Indonesia.