PPEI Gelar Pelatihan Bagaimana Memulai Ekspor di Mataram

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan pelatihan Bagaimana Memulai Ekspor tanggal 26 s.d 28 Oktober di Mataram. Pelatihan dibuka oleh Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo dan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Fathurahman. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 30 orang pelaku usaha di wilayah Provinsi NTB.

Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo atau yang lebih akrab disapa Noly mengatakan bahwa PPEI terus memberikan pelayanan kepada pelaku usaha dan masyarakat umum untuk peningkatan kapasitas SDM Ekspor guna mendorong peningkatan ekspor nasional. Pelatihan di Mataram ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan UKM tentang hal-hal yang harus dipersiapkan UKM untuk dapat menembus pasar ekspor. Berbagai materi disampaikan fasilitator PPEI tentang Analisa prospek produk di pasar ekspor, pengembangan/adaptasi produk ekspor, kalkulasi harga ekspor dan cara mencari potensial buyer.

Berbagai layanan di PPEI dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha seperti pelatihan ekspor, program pendampingan ekspor, kegiatan obrolan ekspor melalui Youtube dan Microlearning. Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional terus mendorong pelaku usaha untuk optimis dan jeli melihat peluang pasar ekspor, penetrasi ke pasar non tradisional serta diharapkan dapat memanfaatkan berbagai program dan layanan di Ditjen Pengembangan Ekspor seperti layanan informasi pasar ekspor, pengembangan desain produk, promosi ekspor.