PPEI Gelar Pelatihan Ekspor di Tanah Datar dan Export Coaching Program Wilayah Jawa Timur

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar mengadakan kegiatan Pelatihan “Bagaimana Memulai Ekspor” bagi 30 pelaku usaha pada tanggal 15 – 17 Juni 2021 di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat. Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Tanah Datar, Bapak Nuryeddisman didampingi Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Tanah Datar Bapak Dafrizal, KADIN Kab. Tanah Datar Ibu Rina Aziz serta perwakilan dari Balai Besar PPEI, Agus Santoso.

Kolaborasi dan sinergi kegiatan pelatihan ekspor bagi pelaku usaha UKM di wilayah Kabupaten  Tanah Datar diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang cara memulai ekspor dan mendorong para UKM untuk dapat menembus pasar ekspor sehingga dapat meningkatkan ekspor produk unggulan daerah ke pasar global.

Pada tanggal yang sama di Surabaya dilaksanakan kegiatan tahap ke-3 pada Export Coaching Program “Pendampingan Market Development” untuk wilayah Jawa Timur dengan peserta 30 UKM. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15-17 Juni 2021 kerja sama antara PPEI dengan Dinas Perindustrian & Perdagangan Provinsi Jawa Timur. Melalui tahap ketiga ini diharapkan para pelaku usaha dapat mempersiapkan dari sisi bahan promosi, strategi pemasaran, riset pasar ekspor, cara mencari buyer, cara korespondensi, dan persiapan business matching. “Pelaku usaha dapat jeli melihat peluang pasar ekspor yang sudah mulai normal di beberapa negara dan menggarap pasar non tradisional. Diharapkan semakin banyak jumlah UKM yang berhasil menjadi eksportir dan mampu mengekspor produk unggulan dan potensial dari wilayah Jawa Timur”.