PPEI Gelar Pelatihan Ekspor di Jakarta dan Palembang serta Export Coaching Program Wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Sekretariat Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian mengadakan kegiatan Pelatihan “Akses dan Survei Pasar Ekspor Melalui Internet” bagi 30 pelaku usaha pada tanggal 8 – 10 Juni 2021 di Hotel Westin Jakarta. Kegiatan ini merupakan pelatihan pertama dari 6 pelatihan yang akan dilaksanakan pada tahun ini kerja sama dengan Kementerian Perindustrian. Pelatihan dibuka oleh Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo didampingi Ibu Binoni Tio A. Napitupulu, Plt. Kabag Hukum dan Kerja Sama Set.Ditjen. Industri Agro.

Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo atau yang lebih akrab disapa Noly mengatakan kolaborasi kegiatan pelatihan ekspor bagi pelaku usaha industri Agro ini diharapkan dapat mendorong peningkatan ekspor produk-produk industri agro ke pasar global dan meningkatkan kapasitas SDM pelaku usaha dalam memasarkan produknya di pasar ekspor. Pelaku usaha diharapkan jeli dalam melihat peluang pasar ekspor di beberapa negara yang saat ini kondisi perekonomiannya sudah mulai membaik seperti di Amerika Serikat, China, Eropa, Asia Timur serta pasar non tradisional di Timur Tengah, Asia Tengah dan Afrika Tengah.

Saat ini Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional memiliki strategi peningkatan ekspor diantaranya fokus pada UKM ekspor dengan berbagai program peningkatan daya saing produk dan kapasitas SDM ekspor, penetrasi ke pasar non tradisional, utilisasi PTA/FTA. Para pelaku usaha diharapkan juga dapat memanfaatkan berbagai program dan layanan di Ditjen Pengembangan Ekspor seperti layanan informasi pasar ekspor, pengembangan desain produk, promosi dan misi dagang.

Pada tanggal yang sama juga dilakukan pelatihan ekspor untuk 30 UKM di Palembang kerja sama antara PPEI dengan Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan dengan topik “Prosedur Ekspor”. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Bapak Ahmad Rizali didampingi Perwakilan dari PPEI.

Dalam upaya untuk terus mendampingi pelaku usaha / UKM menjadi eksportir, pada tanggal 8 – 10 Juni, PPEI juga mengadakan kegiatan tahap ke-3 pada Export Coaching Program yaitu Pendampingan Market Development untuk wilayah Jawa Tengah dengan peserta 30 UKM. Sementara itu untuk pendampingan ekspor wilayah Jawa Barat dilaksanakan kegiatan tahap ke-4 yaitu Pendampingan Produk dalam bentuk pendampingan kesiapan produk ke 30 UKM peserta Export Coaching Program.

Berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan ekspor dilaksanakan oleh PPEI berkolaborasi dengan berbagai instansi dan Kementerian dalam upaya peningkatan kapasitas SDM pelaku usaha dan upaya mendorong serta meningkatkan peran UKM dapat menembus pasar ekspor. “Melalui Export Coaching Program dan pelatihan ekspor diharapkan jumlah eksportir bertambah dan dapat meningkatkan ekspor Indonesia”