PPEI Gelar Training of Exporter (TOX) pada Export Coaching Program Wilayah Banten & 2 Pelatihan Ekspor di Malang dan Cimahi

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten mengadakan kegiatan Training of Exporter (TOX) pada tanggal 2 – 4 Juni 2021. Kegiatan ini merupakan tahap kedua dari rangkaian Export Coaching Program (ECP) PPEI dan diikuti oleh 30 pelaku usaha dari Provinsi Banten.

Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo atau yang lebih akrab disapa Noly mengatakan, pendampingan pada tahap ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yang terdiri dari pemberian materi dan pembekalan tentang persiapan ekspor, pengembangan pasar ekspor dan cara memasuki pasar ekspor. Selain itu pada kegiatan ini terdapat diskusi secara kelompok dengan bimbingan coach, serta diskusi langsung dengan coach melalui individual coaching.

Para pelaku usaha diharapkan mampu menggarap peluang pasar ekspor yang sudah mulai normal di beberapa negara. Saat ini beberapa negara sudah mengalami peningkatan ekonomi seperti di China, Amerika Serikat dan Eropa. Hal ini menunjukkan adanya peluang bagi para pelaku usaha untuk dapat masuk ke pasar tersebut. Selain itu para pelaku usaha diharapkan dapat menjalankan bisnis secara efektif, dan dapat melakukan perbaikan usaha dalam upaya peningkatan manajemen, produksi, promosi, dan pemasaran ekspor serta akhirnya diharapkan dapat melakukan ekspor secara mandiri.

Pada tanggal yang sama juga dilakukan 2 kegiatan pelatihan ekspor selama 3 (tiga) hari untuk pelaku usaha di Cimahi dan Malang. PPEI bekerja sama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menggelar pelatihan “Bagaimana Memulai Ekspor” dengan peserta pelatihan berjumlah 30 UKM yang merupakan binaan BRI di wilayah Malang. Pelatihan ini dibuka oleh Manajer Pemasaran BRI KCP Malang, Bapak Prajnanda didampingi perwakilan PPEI Subkoordinator Bidang Kepegawaian Bapak Kamal Hamidi.

Sementara untuk pelatihan di Cimahi, PPEI bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi mengelar pelatihan “Bagaimana Memulai Ekspor” dengan peserta sebanyak 30 UKM dari wilayah Cimahi. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi Bapak Dadan Darmawan didampingi oleh perwakilan dari PPEI Koordinator Bidang Promosi dan Kerja Sama Ibu Yuyun Wahyuni.

Pelatihan ini merupakan upaya PPEI untuk terus membantu dan mendorong para UKM dalam mengakses / menembus pasar ekspor. Diharapkan semakin banyak UKM yang mendapatkan pengetahuan tentang ekspor dan berhasil menjadi eksportir.