Pelepasan Ekspor Perdana Produk Coconut Charcoal Briquete ke Rusia,Peserta Export Coaching Program Kementerian Perdagangan

Capaian membanggakan dari program pendampingan ekspor (Export Coaching Program/ECP) wilayah Jawa Tengah program kerja sama antara Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, peserta mampu melakukan ekspor perdana ke Rusia walaupun di tengah pandemi Covid 19. CV MAC di Klaten, Jawa Tengah, tanggal 6 Mei 2021 telah mampu melakukan ekspor perdana ke Rusia untuk ekspor produk Coconut Charcoal Briquette 1 kontainer dengan nilai transaksi ekspor sebesar USD 22,500.

Ekspor Perdana ini dilepas secara hybrid oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Bapak Didi Sumedi didampingi Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia, Bapak Heryono Hadi Prasetyo, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Bapak M. Arif Sambodo serta Coach Bapak Calex Supriyatno.

Dalam sambutan pelepasan ekspor, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional menyampaikan apresiasi dan selamat kepada CV. MAC yang merupakan UKM di Jawa Tengah atas keberhasilan ekspor ke Rusia. Dengan pelepasan ekspor ini diharapkan dapat terus menambah capaian ekspor non migas Indonesia di tahun 2021. Semoga dapat ditingkatkan ke negara yang lain baik secara kuantitas dan kualitas. “Pelepasan Ekspor ini diharapkan dapat menginspirasi UKM di seluruh Indonesia untuk dapat melakukan ekspor sebagai bagian dari upaya peningkatan ekspor nasional dan dalam rangka pemulihan ekonomi” Ujar Didi Sumedi.

Pada sambutan juga disampaikan mengenai kinerja ekspor Indonesia pada Maret 2021 mencapai USD 18,35 miliar atau naik 20,31 persen dibandingkan Februari 2021. Secara kumulatif, total nilai ekspor Indonesia selama Januari-Maret 2021 mencapai USD 48,9 miliar atau meningkat 17,11 persen (YoY). Ekspor nonmigas sepanjang Januari-Maret 2021 mencapai USD 46,25 miliar naik sebesar 17,14 persen (YoY). Kinerja ekspor tersebut cukup mengembirakan termasuk kegiatan pelepasan ekspor hari ini dan ekspor seperti ini akan terus ditingkatkan guna pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Balai Besar PPEI dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada CV MAC atas capaian keberhasilan sebagai peserta Export Coaching Program melakukan ekspor ke Rusia di tengah kondisi pandemi Covid 19. Export Coaching Program Jawa Tengah tahun 2021 ini telah menghasilkan 2 capaian UKM yang berhasil melakukan ekspor yaitu produk kapok fiber dan coconut charcoal. “Ekspor hari ini diharapkan dapat menjadi motivasi kepada UKM di Jawa Tengah dan UKM lainnya guna peningkatan ekspor nasional” ujar Heryono Hadi Prasetyo.

PPEI bersama para coaches dan tim dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah terus memberikan pendampingan kepada para peserta untuk meningkatkan pengetahuan tentang ekspor, kualitas produk, perbaikan manajemen produksi, daya saing produk, desain dan kemasan produk untuk tujuan ekspor. “Ini merupakan awal dari sebuah perjalanan untuk ekspor jangka panjang dengan volume serta value yang terus meningkat guna semakin banyak produk Indonesia di pasar ekspor”

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Bapak M. Arif Sambodo menyampaikan ekspor pada hari ini merupakan pencapaian yang luar biasa mengingat program ECP 2021 baru memasuki tahap ke-2. “Salah satu hal yang menjadi nilai plus lagi dari ekspor kali ini adalah negara tujuannya yang masih tergolong negara non tradisional yang memang cukup potensial bagi Jawa Tengah dalam mengembangkan penetrasi pasarnya” Ujar Arif Sambodo.

#Ayoekspor #ECP2021 #kemendag #DJPEN