PPEI Gelar Pelatihan Pemasaran Ekspor untuk Pelaku Usaha di Pekalongan

PPEI Gelar Pelatihan Pemasaran Ekspor untuk Pelaku Usaha di Pekalongan

Pekalongan, 30 Maret 2021 – Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI), Direktorat Jenderal Penembagan Ekspor Nasional (DJPEN)” Kenenterian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM kota Pekalongan adalah kali kedua pada tahun 2021 ini kembali menggelar Pelatihan dengan judul “PEMASARAN EKSPOR” yang diselenggarakan pada tanggal 30 Maret s.d. 1 April 2021 bertempat di Hotel Horison kota Pekalongan dengan peserta sebanyak 30 UKM pelaku usaha binaan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM kota Pekalongan.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM bapak Bambang Murdiyatman. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PPEI dalam kerja sama peningkatan kapasitas SDM pelaku usaha di Pekalongan. Disampaikan bahwa ekonomi global saat ini sudah berkembang ke arah digitalisasi sehingga pelaku usaha di Kota Pekalongan dalam pemasaran ekspornya diharapkan mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi dan digital (e-commerce) untuk kemudahan akses para calon buyer dalam melihat produk potensial dari Pekalongan.

Kota Pekalongan telah mentargetkan ekspor pada tahun 2021 ini sebesar 19,58 juta USD dan diharapkan setiap tahun harus ada peningkatan nilai ekspor dari jumlah eksportir yang ada di kota Pekalongan. Penguatan UKM yang berpotensi ekspor baik dalam hal penguatan produk maupun pemasarannya terus dilakukan guna memperkenalkan produk unggulan dan potensial dari wilayah Pekalongan ke pasar global.

Melalui pelatihan ekspor ini diharapkan UKM kota Pekalongan dapat melakukan ekspor secara mandiri dan nantinya menjadi eksportir yang Tangguh dan dapat meningkatkan perekonomian Kota Pekalongan dan nasional.