Pelatihan Ekspor untuk Pelaku Usaha di Kota Semarang

Pelatihan Ekspor untuk Pelaku Usaha di Kota Semarang

Semarang, 15 Februari 2021.
Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJ PEN), Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Kota Semarang menggelar pelatihan “Akses dan Survei Pasar Ekspor Melalui Internet” bertempat di Hotel Grand Edge Semarang tanggal 15 – 17 Februari 2021. Peserta pelatihan merupakan UKM / pelaku usaha binaan Dinas Perdagangan Kota Semarang.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Balai Besar PPEI Bapak Heryono Hadi Prasetyo atau lebih akrab disapa Noly dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Bapak Fravarta Sadman. Kepala Balai Besar PPEI, menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan upaya untuk terus membantu dan mendorong para UKM dalam mengakses pasar ekspor. Di tengah kondisi saat ini para pelaku usaha harus optimis dan jeli melihat peluang pasar ekspor guna pemasaran produk Indonesia di pasar global.

Menurutnya, penggunaan digital untuk pencarian informasi pasar dan pemasaran sudah menjadi kewajiban bagi pelaku usaha khususnya pelaku usaha yang berorientasi ekspor. Untuk itu, pemerintah akan terus mendorong masyarakat dan pelaku usaha khususnya UKM agar mampu bertransformasi ke dalam bisnis yang memanfaatkan teknologi digital. “Pandemi ini bukan hanya sekedar tantangan namun peluang bagi berbagai sektor agar lebih beradaptasi dan bertransformasi di sektor perekonomian,” kata Noly (15/2/2021).

Pada kesempatan ini juga, Kepala PPEI mengajak peserta dapat mengikuti berbagai webinar ekspor yang diselenggarakan oleh PPEI agar dapat menambah ilmu dan informasi mengenai ekspor impor. Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang pada sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PPEI atas kerja samanya dalam upaya peningkatan kapasitas SDM ekspor untuk pelaku usaha kota Semarang. Kepala Dinas berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan mampu mengaplikasikan materi yang disampaikan oleh para fasilitator PPEI yang merupakan praktisi ekspor.