PPEI Gandeng MarkPlus Menuju Era Society 5.0

PPEI Gandeng MarkPlus Menuju Era Society 5.0

Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan melakukan pertemuan dengan jasa konsultan MarkPlus. Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelatihan dalam rangka menuju era Society 5.0.

Pertemuan tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan, Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia Heryono Hadi Prasetyo, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Olvy Andrianita dan founder MarkPlus Hermawan Kertajaya. Pertemuan dilakukan di Gedung PPEI pada Selasa, 26 Januari 2020.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan mengatakan PPEI memiliki banyak potensi untuk berkembang mulai dari branding, konten promosi, kurikulum, dan operasionalnya. “PPEI saat ini telah melakukan perubahan di masa pandemi ini, yaitu dengan mengadakan pelatihan melalui sarana virtual untuk menjangkau Usaha Kecil Menengah (UKM),” kata Kasan.

Dalam kunjungannya tersebut Hermawan Kertajaya juga melihat berbagai fasilitas di PPEI diantaranya auditorium PPEI, ruang simulasi ekspor impor, ruang komputer, ruang kelas pelatihan, asrama dan ruang Indonesia Design Development Center (IDDC). Menurutnya PPEI memiliki potensi besar untuk mengaplikasikan konsep society 5.0. Potensi tersebut berupa adanya berbagai fasilitas pelatihan dan SDM yang mendukung. “Yang menghambat perubahan adalah faktor internal. Selain itu UKM jangan hanya diajarkan marketing saja, namun juga enterpreneur,” kata Hermawan.