Kepala PPEI Terima Kunjungan Kadin DKI Jakarta

Kepala PPEI Terima Kunjungan Kadin DKI Jakarta

Dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan menerima kunjungan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta pada hari Rabu, 20 Januari 2021. Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka penjajagan kerja sama pelatihan antara PPEI dan Kadin DKI Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala PPEI Heriyanto Hadi Prasetyo yang akrab disapa Noly memaparkan program-program di PPEI yang saat ini mendorong para pelaku usaha untuk melakukan ekspor pada pasar non tradisional seperti Timur Tengah, Afrika, dan Eropa Timur. Alasannya, negara-negara tersebut memiliki potensi yang besar namun masih jarang digarap.

Kepala PPEI mengatakan, pihaknya akan melakukan terobosan dalam pelatihan di PPEI pada tahun 2021, yakni dengan memanggil langsung importir sesuai dengan produk peserta pelatihan. Menurutnya, hal utama dari pelatihan adalah peserta pelatihan mendapat kontak buyer. “Setelah ada kontak buyer nanti diharapkan akan ada kontrak dagang. Jika tidak ada kontrak dagang setidaknya sudah ada tambahan networking,” kata Noly yang juga sekaligus Mantan Kepala Atase Perdagangan Rusia ini.

Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi mengatakan banyak anggota Kadin DKI Jakarta yang masih minim informasi negara-negara tujuan ekspor. Menurutnya, UKM banyak yang memiliki produk bagus namun memiliki kendala ekspor. “Semoga kolaborasi dengan PPEI mampu membantu para UKM anggota Kadin,” ujar Dewi.

Kedua belah pihak bersepakat akan membahas lebih lanjut pertemuan ini sehingga dapat menghasilkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pelatihan ekspor di tahun 2021.