Pelepasan Ekspor Peserta Export Coaching Program Jawa Tengah, Citra Jepara Ekspor Furniture ke Amerika Serikat

Pelepasan Ekspor Peserta Export Coaching Program Jawa Tengah, Citra Jepara Ekspor Furniture ke Amerika Serikat

Semarang, 19 November 2020. Capaian membanggakan dari program pendampingan ekspor (export coaching program) wilayah Jawa Tengah program kerja sama antara Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah yaitu CV. Citra Jepara sebagai salah satu peserta export coaching program Provinsi Jawa Tengah berhasil menembus pasar ekspor ditengah pandemi covid-19 ini.

Bertempat di perusahaan CV. Citra Jepara di Semarang, Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ibu Noviani Vrisvintati bersama dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Bapak M. Arif Sambodo melakukan pelepasan ekspor furniture ke California Amerika Serikat dengan nilai ekspor USD 20,720. Ekspor tersebut menjadi yang pertama setelah beberapa tahun perusahaan vacum ekspor ke Amerika Serikat. Ekspor ini akan terus berlanjut dan direncanakan akan dilakukan pengiriman setiap minggunya.

Pencapaian ini merupakan bukti komitmen Balai Besar PPEI yang terus memberikan semangat, motivasi dan membimbing para peserta Export Coaching Program untuk meningkatkan daya saing produk dan jeli melihat peluang pasar di tengah pandemi covid 19 agar berhasil melakukan ekspor. Kepala Balai Besar PPEI mengapresiasi CV. Citra Jepara yang telah berhasil melakukan ekspor di masa pandemi ini, dan berpesan agar perusahaan mampu mempertahankan kualitas produknya serta dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat dari Export Coaching Program ini.

Export Coaching Program untuk wilayah Jawa Tengah saat ini sudah memasuki tahap kedelapan yaitu Evaluasi dan Penutupan dari 8 tahap pada program ini yang dilaksanakan kurang lebih 1 tahun. PPEI bersama para coach dan tim dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah terus memberikan pendampingan kepada para peserta untuk meningkatkan kualitas produk, perbaikan manajemen produksi, daya saing produk, desain dan kemasan produk untuk tujuan ekspor. Capaian dari Export Coaching Program Wilayah Jawa Tengah yaitu menghasilkan 11 eksportir  dengan produk gula semut, furniture, karagenan, sapu, sayuran, briket, keripik, kain tenun dan handicraft untuk pasar tujuan ekspor ke Amerika Serikat, China, Arab Saudi, Taiwan, Korea Selatan, Spanyol, Pakistan, Turki, Italia, New Zealand dan Lithuania dengan nilai transaksi mencapai sekitar Rp 4,7 Milyar. Capaian ini diharapkan terus berlanjut di tahun berikutnya dan peserta yang belum ekspor diharapkan dapat ekspor guna mendukung program peningkatan ekspor nonmigas Indonesia ke pasar Global. #bravoEkspor #eksporBisa