Balai Besar PPEI Menyelenggarakan Business Matching pada Export Coaching Program wilayah Jawa Tengah dan Banyuwangi

Balai Besar PPEI Menyelenggarakan Business Matching pada Export Coaching Program wilayah Jawa Tengah dan Banyuwangi

Semarang dan Banyuwangi, 26 Oktober 2020, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Business Matching untuk tahap ke-6 pada Export Coaching Program (ECP) Wilayah Provinsi Jawa Tengah” yang diikuti oleh 25 pelaku usaha. Kegiatan yang sama juga dilakukan untuk ECP Banyuwangi kerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi yang diikuti oleh 25 pelaku usaha di Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan Business Matching di Semarang dibuka oleh Kepala Balai Besar PPEI Ibu Noviani Vrisvintati didampingi oleh Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Provinsi Jawa Tengah Bapak Haryanta dan Coach PPEI Bpk Calex Supriyatno.

Kepala Balai Besar PPEI, Ibu Noviani Vrisvintati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk tetap terus memberikan pendampingan kepada peserta export coaching program di tengah pandemi covid 19. Business matching ini merupakan tahap ke-6 (enam) dari 8 tahap pada export coaching program untuk mempertemukan peserta ECP dengan potensial buyer melalui zoom yang difasilitasi oleh para perwakilan perdagangan yang ada di luar negeri. Kegiatan business matching ini sebagai sarana untuk mendapatkan potensial transaksi dengan para buyer serta informasi peluang dan potensi ekspor.

Kegiatan Business Matching untuk ECP Jawa Tengah bekerja sama dengan 5 perwakilan perdagangan beserta para buyernya antara lain Australia (ITPC Sydney), Taiwan (KDEI Taipei), Uni Emirat Arab (ITPC Dubai), India (ITPC Chennai) dan Spanyol (ITPC Barcelona). Sementara untuk ECP Banyuwangi bekerja sama dengan 4 perwakilan perdagangan yaitu Atase Perdagangan di Belanda, ITPC Sydney, KDEI Taipei, ITPC Dubai.

Kepala Balai Besar PPEI berharap kepada peserta export coaching program agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk mempresentasikan profil perusahaan, dan kualitas produk, sehingga potensial buyer atau importir yang hadir pada Business Matching dapat tertarik dan dilanjutkan dengan negosiasi serta terjadi transaksi ekspor. PPEI dan Disperindag akan terus melakukan pendampingan dan pemantauan progress sebagai tindak lanjut business matching.