Peserta Export Coaching Program Wilayah Jawa Timur Berhasil Ekspor di Tengah Pandemi Covid-19

Peserta Export Coaching Program Wilayah Jawa Timur Berhasil Ekspor di Tengah Pandemi Covid-19

Capaian membanggakan dari program pendampingan ekspor (export coaching program), kali ini dari wilayah Jawa Timur, program kerja sama antara Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, terdapat 2 peserta yang mampu melakukan ekspor meskipun di tengah pandemi Covid 19.

Demapra Mega Perkasa di Surabaya membuktikan dimana ada kemauan pasti ada kemudahan jalan yang didapatkan, hal ini diperoleh dari program pendampingan ekspor. Dengan pendampingan ekspor, PT. Demapra Mega Perkasa mampu secara mandiri melakukan ekspor perdana pada tanggal 12 Oktober 2020 untuk produk Kopi Arabika Green Beans sebanyak 1 container 20 feet ke Amerika Serikat dengan nilai transaksi sebesar USD 106,224 atau sekitar Rp. 1,5 Milyar.

Selain itu, CV. Hortindo Agrokencana Farm juga telah melakukan ekspor pada tanggal 3 Oktober ke Jepang untuk produk frozen sweet potato senilai USD 35,260 atau sekitar Rp. 500 juta

Pencapaian ini merupakan bukti komitmen Kepala Balai Besar PPEI yang terus memberikan semangat, motivasi dan membimbing para peserta Export Coaching Program untuk meningkatkan daya saing dan kapasitas poduksi serta jeli melihat peluang pasar di tengah pandemi covid 19 sehingga berhasil melakukan ekspor. Berbagai kegiatan webinar untuk menembus pasar ekspor terus dilakukan bekerja sama dengan Perwakilan Perdagangan di negara akreditasi dengan mengikutsertakan peserta Export Coaching Program. PPEI juga merekomendasikan peserta ECP untuk mengikuti kegiatan virtual business matching yang diselenggarakan oleh Perwakilan Perdagangan dengan potensial buyer di negara tujuan ekspor. PPEI akan terus mendampingi, membantu, mendorong, dan memberikan fasilitasi kepada para pelaku usaha potensial ekspor guna peningkatan kesiapan ekspor dan pencapaian transaksi ekspor yang diharapkan dapat mendukung peningkatan ekspor nasional.

Melalui Export Coaching Program ini peserta mampu berkembang dan melakukan ekspor secara mandiri tanpa melalui perantara atau trader. Pelaku usaha juga mampu mengetahui  prosedur, ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk ekspor baik di dalam negeri maupun di negara tujuan ekspor serta mampu melakukan riset pasar ekspor dan mencari potensial buyer melalui internet maupun informasi dari perwakilan perdagangan.

Export Coaching Program untuk wilayah Jawa Timur saat ini sudah memasuki tahap keempat yaitu Pendampingan Produk dari 8 tahap pada program ini. PPEI bersama para coach dan tim dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur terus memberikan pendampingan kepada para peserta untuk meningkatkan kualitas produk, perbaikan manajemen produksi, daya saing produk, desain dan kemasan produk untuk tujuan ekspor, dan pengembangan tim ekspornya. Ekspor? Kita pasti bisa!