Upaya Tingkatkan Ekspor ke Meksiko, Balai Besar PPEI bekerja sama dengan ITPC Mexico City menyelenggarakan “Virtual Business Matching Produk Kopi”

Upaya Tingkatkan Ekspor ke Meksiko, Balai Besar PPEI bekerja sama dengan ITPC Mexico City menyelenggarakan “Virtual Business Matching Produk Kopi”

Jakarta-Mexico City, 1 Oktober 2020, Sebagai upaya peningkatan ekspor ke pasar Meksiko dan bagian dari Hari Kopi Internasional, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional bekerja sama dengan KBRI di Meksiko dan ITPC Mexico City menyelenggarakan Virtual Matching Produk Kopi yang diikuti oleh 3 pelaku usaha kopi Indonesia dan 2 buyer dari Meksiko. Business Matching ini dibuka oleh Duta Besar RI untuk Meksiko Bapak Cheppy Triprakoso Wartono dan Kepala Balai Besar PPEI Ibu Noviani Vrisvintati, didampingi Kepala ITPC Mexico City Guntur Prima dan Moderator Wakil Kepala ITPC Mexico City Husodo Kuncoro Yakti.

Bapak Dubes menyampaikan bahwa kegiatan business matching ini merupakan upaya untuk mempertemukan pelaku usaha kopi Indonesia secara virtual dengan buyer di Meksiko. Disampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, memiliki kualitas dan variasi kopi terbaik. Kedutaan Besar RI di Meksiko berharap para buyer di Meksiko dapat mendatangkan lebih banyak varietas kopi dari Indonesia. KBRI juga akan mendukung berbagai kegiatan pertemuan bisnis dengan buyer di Meksiko sampai terjadi kesepakatan dan transaksi bisnis.

Kepala Balai Besar PPEI menyampaikan apresiasi kepada Duta Besar RI di Meksiko dan ITPC Mexico City atas pelaksanaan kegiatan ini yang merupakan lanjutan dari Business Matching pertama tanggal 6 Agustus 2020 dalam upaya pengembangan pasar dan peningkatan ekspor ke pasar Meksiko. Diharapkan pelaku usaha Indonesia yang mengikuti kegiatan ini dapat mempresentasikan kualitas produk kopinya, cita rasa dan keunikan produk, sehingga buyer Meksiko tertarik dan dilanjutkan dengan negosiasi untuk melakukan ekspor.  Harapan kedepan, produk kopi Indonesia banyak di ekspor ke Meksiko sehingga mampu meningkatkan ekspor Indonesia ke pasar Meksiko.

Disampaikan pula, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional saat ini terus mendorong dan memfasilitasi para pelaku usaha Indonesia untuk memasuki pasar ekspor melalui perwakilan perdagangan di luar negeri dengan kegiatan virtual business matching seperti yang dilaksanakan oleh ITPC Mexico City hari ini. Diharapkan semakin banyak pelaku usaha Indonesia khususnya di sektor kopi yang melakukan transaksi ekspor di tengah pandemi Covid 19.