Balai Besar PPEI bekerja Sama dengan Disperindag Provinsi Jawa Timur Menyelenggarakan Pendampingan Market Development melalui Webinar pada Export Coaching Program wilayah Jawa Timur

Balai Besar PPEI bekerja Sama dengan Disperindag Provinsi Jawa Timur Menyelenggarakan Pendampingan Market Development melalui Webinar pada Export Coaching Program wilayah Jawa Timur

Jakarta-Surabaya 28 September 2020, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan pendampingan Market Development melalui webinar untuk tahap ke-3 pada Export Coaching Program Wilayah Provinsi Jawa Timur” yang diikuti oleh 25 pelaku usaha. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai Besar PPEI Ibu Noviani Vrisvintati. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 28, 30 september dan 1 Oktober 2020 dengan narasumber adalah para fasilitator PPEI yang merupakan praktisi ekspor.

Kepala Balai Besar PPEI, Ibu Noviani Vrisvintati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk tetap terus memberikan pendampingan kepada peserta export coaching program yang dilakukan secara daring di tengah pandemi covid 19. Pendampingan tahap ketiga ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pendampingan kepada peserta export coaching program dalam mempersiapkan bahan promosi ekspor dan mengembangkan pasar tujuan ekspor termasuk bagaimana mencari buyer.  Pada kegiatan ini diberikan pendampingan mengenai riset pasar ekspor, pengembangan bahan promosi untuk tujuan ekspor, cara mencari buyer melalui beberapa website dan marketplace serta sosial media, persiapan dalam kegiatan business matching, korespondensi bisnis dan strategi negosiasi dengan buyer. Para pelaku usaha diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk persiapan dan pengembangan pasar ekspor. Selain itu Ibu Kepala Balai Besar PPEI memberikan motivasi kepada pelaku usaha peserta Export Coaching Program wilayah Jawa Timur untuk tetap optimis, mampu beradaptasi dan memanfaatkan peluang ekspor yang ada termasuk kegiatan webinar dan business matching dengan perwakilan perdagangan RI di luar negeri sehingga diharapkan ada peserta yang berhasil ekspor.

Disampaikan pula mengenai program dan layanan di Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional untuk mendorong dan meningkatkan ekspor seperti layanan informasi pasar ekspor melalui inaexport.id, kegiatan promosi ekspor secara virtual seperti virtual exhibition dan virtual business matching. Ditjen PEN pada tahun ini akan menyelenggarakan Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition pada tanggal 10 – 16 November 2020. Diharapkan peserta export coaching program dapat mengikuti berbagai kegiatan yang ada di TEI tersebut serta dapat memanfaatkan layanan yang ada di Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional untuk mempersiapkan ekspor.