Balai Besar PPEI bekerja Sama dengan Disperindag Provinsi Jawa Timur Menyelenggarakan Training of Exporter melalui Webinar pada Export Coaching Program wilayah Jawa Timur

Balai Besar PPEI bekerja Sama dengan Disperindag Provinsi Jawa Timur Menyelenggarakan Training of Exporter melalui Webinar pada Export Coaching Program wilayah Jawa Timur

Jakarta-Surabaya 9 September 2020, Di tengah Pandemi Covid 19, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan pendampingan ekspor untuk tahap ke-2 “Training of Exporter melalui webinar pada Export Coaching Program Wilayah Provinsi Jawa Timur” yang diikuti oleh 25 pelaku usaha. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai Besar PPEI Ibu Noviani Vrisvintati dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Bapak Drajat Irawan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 9 s.d 11 September 2020 dengan narasumber adalah para fasilitator PPEI yang merupakan praktisi ekspor dan dari Instansi terkait bidang perdagangan.

Kepala Balai Besar PPEI, Ibu Noviani Vrisvintati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk tetap terus memberikan pendampingan kepada peserta export coaching program yang dilakukan secara daring di tengah pandemi covid 19. Pendampingan tahap kedua ini berupa pemberian materi dan pembekalan tentang persiapan ekspor meliputi prosedur dan dokumen ekspor, Incoterms 2020, kepabeanan di bidang ekspor, transportasi dan penanganan cargo ekspor, sistem pembayaran ekspor dan kalkulasi penetapan harga ekspor. Para pelaku usaha diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk persiapan ekspor. Selain itu Ibu Kepala Balai Besar PPEI memberikan motivasi kepada pelaku usaha peserta Export Coaching Program wilayah Jawa Timur untuk tetap optimis, mampu beradaptasi dan memanfaatkan peluang ekspor yang ada termasuk kegiatan webinar dan business matching dengan perwakilan perdagangan RI di luar negeri sehingga diharapkan ada peserta yang berhasil ekspor.

Disampaikan pula mengenai program dan layanan di Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional seperti layanan informasi pasar ekspor melalui inaexport.id, layanan peningkatan daya saing produk ekspor melalui konsultasi dan fasilitasi desain di Indonesia Design Development Center (IDDC), kegiatan promosi ekspor secara virtual seperti virtual exhibition dan virtual business matching. Ditjen PEN pada tahun ini akan menyelenggarakan Trade Expo Indonesia secara virtual yaitu Virtual Exhibition Trade Expo Indonesia (VE-TEI) pada tanggal 10 – 16 November 2020. Diharapkan peserta export coaching program dapat memanfaatkan layanan yang ada di Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional untuk mendorong dan mempersiapkan ekspor.

Kepala Disperindag Provinsi Jawa Timur Bapak Drajat Irawan menyampaikan terima kasih kepada PPEI, Kementerian Perdagangan RI yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini dan merupakan salah satu wujud koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Pelaku Usaha dalam rangka mengoptimalkan peningkatan ekspor komoditas unggulan Jawa Timur. Pendampingan UKM secara efektif dan efisien yang berlangsung secara berkesinambungan dapat meningkatkan kualitas UKM Provinsi Jawa Timur untuk menyediakan produk yang berdaya saing tinggi dan persiapan untuk ekspor.