Webinar Bagi Diaspora Indonesia di South Australia “Potensi Bisnis Diaspora Indonesia di Australia melalui Implementasi IACEPA”

Webinar Bagi Diaspora Indonesia di South Australia “Potensi Bisnis Diaspora Indonesia di Australia melalui Implementasi IACEPA”

Jakarta-Sydney-South Australia, 23 Juni 2020, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional bekerja sama dengan KJRI Sydney dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Sydney menyelenggarakan webinar ekspor impor bagi Diaspora RI di South Australia dengan topik “Potensi Bisnis Diaspora Indonesia di Australia melalui Implementasi IACEPA” diikuti kurang lebih 63 orang peserta yang sebagian besar merupakan Diaspora  RI di South Australia dan beberapa dari wilayah lain. Webinar ini dibuka oleh Konsul Jenderal RI untuk New South Wales, Queensland, dan South Australia, Bapak Heru Hartanto Subolo dan Kepala Balai Besar PPEI Ibu Noviani Vrisvintati serta Kepala ITPC Sydney Ibu Ayu Siti Maryam. Sebagai moderator pada webinar ini yaitu Ibu Amalia Sosrodiejo dari Indonesia Australia Business Council (IABC).

Bapak Konjen mengapresiasi kegiatan webinar ini bagi Diaspora Indonesia di South Australia dan berterima kasih kepada Kementerian Perdagangan sebagai upaya persiapan implementasi IA-CEPA pada 5 Juli 2020.  Melalui Implementasi IACEPA diharapkan peran penting Diaspora untuk memanfaatkan skema IACEPA dan dapat menjadi brand ambassador produk Indonesia dipasarkan di pasar Australia. Implementasi IACEPA ditujukan untuk peningkatan akses pasar dan investasi di kedua negara. Beberapa produk yang potensial untuk ditingkatkan ekspornya ke pasar Australia seperti produk automotif, kayu dan turunannya termasuk furniture, tekstil dan produk tekstil, elektronik, dan produk makanan serta untuk peningkatan investasi di kedua negara. Selain itu dapat juga ditingkatkan kerjasamanya untuk ekspor ke negara ketiga melalui konsep economic powerhouse.

Kepala Balai Besar PPEI, Ibu Noviani Vrisvintati menyampaikan bahwa webinar ini merupakan lanjutan dari 2 pelatihan yang dilakukan sebelumnya pada bulan Februari dan Mei 2020 untuk Diaspora di Sydney dan Queensland yang telah ada capaian 2 peserta Diaspora melakukan MoU ekspor dengan UKM Indonesia. Melalui webinar ini diharapkan Diaspora RI di South Australia dapat menyiapkan langkah konkrit untuk memanfaatkan skema IACEPA sekaligus merupakan peluang bagi Diaspora untuk melakukan bisnis dengan pelaku usaha di Indonesia untuk memasarkan produk potensial di pasar Australia. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbisnis bagi para Diaspora Indonesia di Australia sekaligus sebagai upaya untuk menjalin kerja sama antara Diaspora dengan pelaku usaha Indonesia utamanya pelaku usaha export coaching program. Diharapkan setelah webinar ini ada kelanjutan program business matching antara pelaku usaha Indonesia dengan Diaspora RI di Australia difasilitasi oleh perwakilan perdagangan di Australia.

Narasumber pada pelatihan ini yaitu Bapak Eriklex Donald merupakan praktisi ekspor, fasilitator serta coach di PPEI yang menyampaikan materi mengenai prosedur, ketentuan ekspor di Indonesia dan ketentuan impor di Australia, dokumen, perhitungan biaya dan harga importasi produk dari Indonesia, termasuk beberapa terms perdagangan (Incoterms) serta kiat melakukan kerja sama dengan UKM / pelaku usaha di Indonesia. Narasumber yang kedua yaitu Daniel Johnston dari Quanterm Freight Pty Ltd, menyampaikan materi mengenai teknis importasi di Australia khususnya di Adelaide untuk terms perdagangan yang sering digunakan, informasi persyaratan dokumen impor, proses pengiriman / freight dan penanganan barang impor.