Upaya Raih Peluang Ekspor di Pasar India oleh KJRI Mumbai dan Balai Besar PPEI

Upaya Raih Peluang Ekspor di Pasar India oleh KJRI Mumbai dan Balai Besar PPEI

“Upaya Raih Peluang Ekspor di Pasar India, KJRI Mumbai India bekerja sama dengan Balai Besar PPEI dan ITPC Chennai menyelenggarakan Webinar untuk pelaku usaha Indonesia dengan tema “Menembus Pasar India: Peluang dan Tantangan”

Jakarta-Mumbai, 16 Juni 2020, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional bekerja sama dengan KJRI di Mumbai India dan ITPC Chennai menyelenggarakan webinar untuk para pelaku usaha Indonesia dengan tema “Menembus Pasar India: Peluang dan Tantangan” yang diikuti oleh kurang lebih 262 orang peserta yang sebagian besar merupakan pelaku usaha Indonesia.  Webinar dibuka oleh Konsul Jenderal RI di Mumbai Bapak Agus P. Saptono, dan Kepala Balai Besar PPEI Ibu Noviani Vrisvintati. Narasumber pada webinar ini yaitu Bapak Kumara Jati, Kepala ITPC Chennai,  Bapak Sumhaji Fasilitator PPEI sekaligus Direktur CV. Media Mitra Indonesia dan Ibu Omey Panjaitan CEO PT. Trishakti Sejahtera Indonesia. Sementara untuk moderator adalah Koordinator Fungsi Ekonomi KJRI di Mumbai Bapak Yadi Suriahadi.

 

Bapak Konjen menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi Indonesia-India khususnya peluang dan  tantangan yang dihadapi di masa pandemi Covid 19 dan pasca covid 19. Dengan sudah dimulainya relaksasi kegiatan perekonomian di beberapa negara termasuk Indonesia dan India, para pelaku usaha di Indonesia perlu mempersiapkan untuk memanfaatkan peluang yang besar bagi ekspor komoditi / produk Indonesia ke pasar India. Adanya komitmen yang kuat melalui hubungan bilateral, ASEAN-India FTA (AIFTA) dan Indonesia-India Comprehensive Economic Partnership Agreement diharapkan perdagangan bilateral Indonesia dan India dapat meningkat dengan pesat pasca pandemi Covid 19. KJRI Mumbai akan menyelenggarakan kegiatan webinar series  lainnya di bidang perdagangan per komoditas spesifik seperti rempah-rempah dan makanan olahan, diharapkan pelaku usaha Indonesia dapat mengikuti kegiatan tesebut.

 

Kepala Balai Besar PPEI, Ibu Noviani Vrisvintati menyampaikan kegiatan webinar ini merupakan upaya untuk peningkatan ekspor produk Indonesia ke Pasar India di masa pandemi Covid 19. Disampaikan bahwa pasar India merupakan pasar yang besar dan potensial untuk para pelaku usaha Indonesia dapat memasukinya. Pelaku Usaha Indonesia diharapkan dapat memanfaatkan peluang yang ada di Pasar India sehingga produk Indonesia banyak yang diekspor ke India serta mempersiapkan pengetahuan ekspor ketika berbisnis dengan buyer India.  Selain itu disampaikan pula mengenai fasilitasi dan layanan di Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan seperti pelatihan ekspor dan export coaching program, layanan informasi pasar ekspor melalui inaexport, Indonesia Design Development Center (IDDC), kegiatan promosi, dan kerja sama pengembangan ekspor.

 

Bapak Kumara Jati-Kepala ITPC Chennai, menyampaikan mengenai peluang dan potensi pasar India serta kegiatan layanan promosi di ITPC Chennai seperti pameran, promosi melalui media digital, misi pembelian. Narasumber yang kedua yaitu Bapak Sumhaji, menyampaikan mengenai pengalaman dan kiat untuk ekspor ke pasar India seperti perlunya pengetahuan tentang teknik marketing dan promosi ekspor, mengetahui regulasi di pasar India, sistem pembayaran, cara bernegosiasi serta hal-hal dalam berbisnis dengan buyer India. Narasumber ketiga yaitu Ibu Omey Panjaitan menyampaikan mengenai cara menembus pasar India seperti kenali produk yang dijual, sistem pembayaran dan regulasi di India.