Kegiatan Webinar dalam Rangka Pendampingan secara Online ECP wilayah Jakarta oleh Balai Besar PPEI

Kegiatan Webinar dalam Rangka Pendampingan secara Online ECP wilayah Jakarta oleh Balai Besar PPEI

Jakarta – Di tengah Pandemi Covid 19, Senin, 8 Juni 2020, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional menyelenggarakan webinar / pendampingan secara daring pada Export Coaching Program Wilayah Jakarta dengan topik “Persiapan dan Kiat untuk Ekspor Selama Pandemi Covid 19” diikuti oleh kurang lebih 44 orang peserta yang merupakan peserta Export Coaching Program wilayah Jakarta. Kegiatan ini dibuka oleh  Kepala Balai Besar PPEI Ibu Noviani Vrisvintati. Narasumber / pengisi acara adalah Ibu  Siti Sundari Pulungan, Bapak Ericklex Donald yang merupakan praktisi ekspor sekaligus fasilitator dan coach di PPEI; serta Ibu Rahayu Widyantini selaku coach dan Widyaiswara PPEI.

Ibu Noviani Vrisvintati, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk tetap terus memberikan pendampingan kepada peserta export coaching program yang dilakukan secara daring di tengah pandemi covid 19. Pelaku usaha peserta Export Coaching Program wilayah Jakarta dan sekitarnya diharapkan optimis, mampu beradaptasi dan memanfaatkan peluang ekspor yang ada. Selain itu, mendorong peserta export coaching program untuk memanfaatkan kerja sama dengan Perwakilan Perdagangan RI di negara Akreditasi (Atase Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center / ITPC, KDEI di Taipei dan Konsul Perdagangan di Hongkong), serta selalu berkonsultasi dengan para coach / fasilitator PPEI sehingga diharapkan peserta mampu melakukan ekspor. Sebagai contoh, peserta ECP di Jawa Tengah tetap dapat melakukan ekspor gula semut ke Spanyol dan ekspor produk sapu rayung ke Korea Selatan di masa pandemic covid 19.

Narasumber Ibu Siti Sundari menyampaikan materi mengenai Persiapan Produk dan poduksi ekspor yang disesuaikan dengan Buyer, dari mulai perencanaan, pengendalian dan pengawasan produksi sehingga produk yang dihasilkan sesuai keinginan buyer dan berkualitas. Narasumber yang kedua yaitu Ibu Rahayu Widyantini menyampaikan materi terkait tips dalam menentukan pasar ekspor bagi pengusaha yang dapat dilakukan melalui beberapa website seperti trademaps, inatrims, dan beberapa website lainnya. Narasumber ketiga yaitu Bapak Ericklex Donald yang menyampaikan materi tentang Kiat Pemasaran dan Mencari Buyer, para peserta diharapkan untuk mulai masuk ke digital marketing dan melakukan korespondensi dengan calon buyer serta mengirimkan company profilenya sehingga ada peluang untuk terjadinya transaksi ekspor.