Webinar untuk pelaku usaha Indonesia dengan tema “Mengenal Pasar Kamboja: Peluang dan Tantangan”

Webinar untuk pelaku usaha Indonesia dengan tema “Mengenal Pasar Kamboja: Peluang dan Tantangan”

“Upaya Raih Peluang Ekspor di Pasar Kamboja, KBRI di Phnom Penh Kamboja bekerja sama dengan Balai Besar PPEI menyelenggarakan Webinar untuk pelaku usaha Indonesia dengan tema “Mengenal Pasar Kamboja: Peluang dan Tantangan”

Jakarta-Phnom Penh, 28 Mei 2020, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional bekerja sama dengan KBRI di Phnom Penh menyelenggarakan webinar untuk para pelaku usaha Indonesia dengan tema “Mengenal Pasar Kamboja: Peluang dan Tantangan” yang diikuti oleh kurang lebih 137 orang peserta yang sebagian besar merupakan peserta Export Coaching Program PPEI.  Webinar dibuka oleh Bapak Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI di Phnom Penh Kerajaan Kamboja, Bapak Sudirman Haseng dan Kepala Balai Besar PPEI Ibu Noviani Vrisvintati. Narasumber pada webinar ini yaitu Bapak Oktavianus, Country Manager Kalbe Internasional dan Mrs. Neang Vortna, Vice Managing Director Thea Na (Cambodia) Trading Co., Ltd. Sementara untuk moderator adalah Sekretaris Pertama Fungsi Ekonomi KBRI di Phnom Penh Bapak Noam Lazuardy.

Bapak Dubes menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Kamboja melalui perdagangan, investasi dan jasa. Saat ini pembangunan ekonomi di Kamboja sedang meningkat dan banyak negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, termasuk Tiongkok dan Eropa tertarik untuk investasi dan berbisnis di Kamboja. Sementara itu untuk Indonesia memiliki kedekatan sosial budaya dan histori dengan Kamboja, sehingga membuka peluang bagi pelaku usaha Indonesia untuk memasarkan produknya di Pasar Kamboja. Tujuan webinar ini untuk mengenalkan pasar Kamboja dari sisi peluang dan tantangan serta melakukan kiat-kiat untuk melakukan usaha di Kamboja.

Kepala Balai Besar PPEI, Ibu Noviani Vrisvintati menyampaikan kegiatan webinar ini merupakan upaya dan kerja sama pelatihan dimasa pandemi Covid 19. Disampaikan mengenai upaya yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan khususnya PPEI dalam meningkatan kapasitas SDM pelaku usaha melalui kegiatan pelatihan ekspor dan export coaching program. Selain itu disampaikan pula program-program di Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional seperti layanan Customer Service Center (CSC), Indonesia Design Development Center (IDDC), kegiatan promosi, dan kerja sama pengembangan ekspor. Webinar ini merupakan forum yang tepat bagi pelaku usaha yang sebagian besar merupakan peserta Export Coaching Program untuk dapat memanfaatkan peluang pasar yang ada di Kamboja dan berhasil memasarkan produk di Pasar Kamboja.

Bapak Oktavianus, yang merupakan Diaspora RI sekaligus Country Manager Kalbe Internasional untuk Kamboja dan Laos menyampaikan mengenai peluang pasar di Kamboja, 5 sektor bisnis yang prospek di Kamboja seperti energi, farmasi, logistik dan transportasi,  makanan dan minuman serta franchise. Disampaikan pula tantangan serta kiat untuk berpartner dengan pelaku bisnis dari Kamboja. Narasumber yang kedua yaitu Mrs. Neang Vortna, menyampaikan mengenai peluang pasar di Kamboja, produk Indonesia yang banyak diminati oleh masyarakat Kamboja, kemudahan untuk proses ekspor impor di Kamboja yang sudah mulai menerapkan secara online.

KBRI di Phnom Penh dan PPEI akan sama-sama menindaklanjuti kegiatan ini untuk desiminasi data peserta webinar, dicarikan partner / buyer yang sesuai di Kamboja sehingga diharapkan terjadi transaksi ekspor dan meningkatkan ekspor Indonesia ke Kamboja.