Peserta Export Coaching Program dari Purbalingga Jawa Tengah Sukses Ekspor Produk Sapu Rayung ke Korea Selatan di Saat Pandemi Covid-19

Peserta Export Coaching Program dari Purbalingga Jawa Tengah Sukses Ekspor Produk Sapu Rayung ke Korea Selatan di Saat Pandemi Covid-19

Di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi dan pemberlakukan pembatasan serta social distancing hampir di semua negara karena pandemi virus corona, terdapat UKM peserta Export Coaching Program dari Purbalingga yang mampu menembus pasar ekspor ke Korea Selatan. Export Coaching Program merupakan kegiatan pendampingan bagi pelaku usaha untuk siap ekspor melalui 8 tahapan yang berlangsung selama ± 1 tahun.

UKM tersebut adalah CV. Rayung Pelangi, produsen sapu rayung asal Purbalingga, Jawa Tengah yang merupakan salah satu dari 25 peserta Export Coaching Program kerja sama antara Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI), Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. UKM tersebut pada tanggal 28 April 2020 telah berhasil melakukan transaksi ekspor ke buyer baru di Korea Selatan dengan nilai transaksi sebesar USD 9,000 atau sekitar Rp. 137 juta. Buyer baru ini didapatkan via korespondensi email setelah mendapatkan pendampingan market development oleh coach pada export coaching program. Ekspor ini akan berlanjut apabila kualitas produk sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan buyer.

Pencapaian ekspor tersebut, merupakan bukti komitmen dari Kepala Balai Besar PPEI dan tim coach untuk terus memonitor dan mendukung para pelaku usaha untuk dapat survive dan terus berkembang di tengah pandemi virus covid-19 ini. Selain itu PPEI juga senantiasa terus melakukan langkah dan terobosan inovatif agar program yang sudah direncanakan dapat terus berjalan dalam rangka menciptakan pelaku UKM yang berhasil ekspor.