Peserta Export Coaching Program dari Kebumen, Jawa Tengah sukses melakukan ekspor perdana ke Eropa

Peserta Export Coaching Program dari Kebumen, Jawa Tengah sukses melakukan ekspor perdana ke Eropa

Ditengah kemelut covid19 yang mempengaruhi laju perekonomian kita, Kepala BBPPEI Ibu Noviani Vrisvintati beserta para coach dalam Export Coaching Program tetap aktif membimbing pahlawan devisa kita.

Saat ini ada 5 daerah yang masuk dalam pembinaan ECP 2020, yaitu DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, dan Kabupaten Banyuwangi
Tim coaching dari BBPPEI sejauh ini telah membimbing para peserta dalam hal kalkulasi harga ekspor, korespondensi bisnis, hingga persiapan beberapa dokumen pendukung dalam prosedur ekspor seperti invoice, packing list, Certificate of Inspection (COI) serta e-ska.

Dari 8 tahapan dalam Export Coaching Program tersebut, saat ini para peserta dari Provinsi Jawa Tengah sudah melewati tahapan ke-3, yaitu market development.

Berkat sinergi antara Kementerian Perdagangan melalui BBPPEI dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, CV Agro Berdikari, 1 dari 25 peserta ECP yg merupakan UMKM produsen gula semut organik di Kebumen, Jawa Tengah tanggal 27 Maret 2020 berhasil melakukan ekspor perdana produk Organic Palm Sugar sebanyak 8.4 ton, senilai USD 19,068 atau lebih dari Rp. 300jt ke Spanyol melalui Port of Alicante.

UMKM dari Jateng tersebut, telah ikut membantu menambah pemasukan USD ke dalam negeri, yang saat ini sangat diperlukan guna mendongkrak nilai tukar Rupiah kita.