Genjot Ekspor, Kemendag Dukung Export Startup Competition

Genjot Ekspor, Kemendag Dukung Export Startup Competition

Serpong, 26 Oktober 2018 – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional mendukung pengembangan usaha bisnis baru (startup) melalui penyelenggaraan Export Startup Competition (Export SC). Kompetisi ini digelar oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Kemendag bekerja sama dengan KADIN Indonesia Bidang Perdagangan, dan National Startup Centre (NSC), Jumat (26/10), di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kab. Tangerang.

 

 

 

 

 

 

Acara diawali dengan sambutan oleh Ibu Noviani Vrisvintati, Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia, dimana dalam sambutan beliau menyampaikan tujuan dari kegiatan export startup competition yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang ada di Trade Expo Indonesia, yang dapat memotivasi kalangan muda sehingga diharapkan mereka dapat juga mengikuti pameran TEI pada masa yang akan datang. Pada kesempatan ini Kepala BBPPEI juga menyampaikan fungsi dari DJPEN yaitu melakukan promosi yang terdiri dari pameran, misi dagang dan buying mission. Kepala BBPPEI juga menyampaikan nilai transaksi yang terjadi selama TEI berlangsung, dan banyaknya buyer dari luar negeri yang hadir, sehingga kegiatan TEI ini dapat menjadi motivasi bagi para startup.

Ada dua kategori yang dilombakan dalam Export SC, yaitu ‘fashion’ serta ‘craft’. Sebanyak 14 peserta turut berpatisipasi dalam kompetisi ini. Mereka adalah para pengusaha pemula/calon pengusaha yang sudah atau bermaksud mendirikan perusahaan ‘startup’ berorientasi ekspor dari berbagai wilayah di Indonesia.

 

 

Sebanyak enam pemenang untuk dua kategori tersebut telah dipilih melalui proses seleksi. Pemenang untuk kategori fashion berturut-turut yaitu Tri Handayani (HWAN) sebagai Juara 1, Tri Endah Setyorini (Inalu) sebagai Juara 2, dan Irene Chandra (Offset Outfitters) sebagai Juara 3. Sedangkan untuk kategori craft yaitu Stefanus Indri Sujatmiko (GWP – Ecogreen Corncobs Craft) sebagai Juara 1, Annisa, Debyanca, Dian (Binus University – Kosla) sebagai Juara 2, dan Sugeng Haryanto (CV. Sicash Makmur) sebagai Juara 3.

Adapun juri yang terlibat dalam penilaian yaitu Ibu Noviani Vrisvintati (Kepala Balai Besar PPEI), Bapak Handito Joewono (Ketua NSC), Bapak Samuel Siahaan (KADIN Indonesia Bidang Perdagangan), dan Ibu Nora Guitet (KADIN Indonesia Bidang Perdagangan).